x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Hujan, Bukti Kasih Sayang Tuhan

Oleh : Raihan Aqhsal Arighi


Butiran hujan sudah mulai turun di sebagian wilayah Indonesia, hal itu tentu merupakan sebuah anugerah yang sudah Allah swt berikan kepada umat manusia di muka bumi. Rasa syukur tentu kewajiban utama yang mesti ditunaikan. Karena bukan kejadian yang baru, musim hujan di sebagian wilayah menjadi hal yang menakutkan. Bencana banjir, longsor menjadi hal yang biasa tatkala musim hujan tiba.

Hal itu tentu bukanlah hal yang datang tanpa sebab, karena setiap kejadian pasti ada sebabnya. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan maka diperlukan persiapan yang maksimal untuk menyambut datangnya musim penghujan.

Upaya PROKASIH, program kali bersih mesti digalakkan oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari atasan hingga bawahan harus ikut andil dalam upaya pembersihan kali atau sungai. Meluapnya aliran sungai disebabkan karena tidak adanya aliran air yang baik, karena tersendatnya aliran sungai karena sampah yang sengaja dibuang ke sungai oleh sebagian oknum warga bantaran sungai.

Selain PROKASIH diharuskan membuat resapan air yang cukup, sehingga dengan adanya resapan air yang baik, maka dipastikan tidak akan ada genangan genangan air di jalanan maupun di pemukiman setempat, karena air langsung teresap oleh tanah.

Upaya reboisasi hutan juga diperlukan, hal ini tentu akan sangat membantu akan keberlangsungan warga disekitar lereng gunung. Bencana longsor seolah menjadi momok yang menakutkan ketika musim hujan tiba, hal itu tentu bisa diantisipasi tatkala mampu menanami pepohonan yang ada disekitar pegunungan agar adanya akar yang sanggup menahan laju geraknya air.

Ketika kita sudah mempersiapkan segalanya dengan melakukan upaya pencegahan bencana, dari mulai membersihkan kali, membuat sumur resapan, melakukan upaya reboisasi, maka ketika hujan datang sudah bukan lagi menjadi hal yang mesti ditakuti, karena hujan pun akan jadi sangat bersahabat dengan manusia, karena tidak akan adanya bencana. Dan yang ada pun kenikmatan pada setiap tetes hujan, seperti hal nya nikmat itu dirasakan para petani yang mampu memanfaatkan air hujan untuk mengairi ladang dan sawahnya. 


Raihan Aqhsal Arighi

Mahasiwa UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia