x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Hormatilah Keanekaragaman yang Ada

Oleh: Shandrila Alma Fitria


Indonesia merupakan salah satu negara terluas dan mempunyai banyak pulau. Dengan keluasan negara dan banyaknya pulau Indonesia, menyebabkan atau menimbulkan keanekaragam. Setiap daerah mempunyai keanekaragaman berbeda. Kepercayaan berbeda dan adat istiadat berbeda.

Indonesia yang mempunyai keankearagaman mulai dari kepercayaan, kebudayaan dan adat istiadat merupakan suatu ke banggan bagi bangsa. Dan dari dulu Indonesia selalu rukun dengan keanekaragaman tersebut. Salah satu cara membuat keanekaragaman tersebut masih berseblahan atau berdampingan adalah menghormati satu sama lain.

Menghormati atau menghargai suatu kebudayaan sangatlah penting karena "berbeda-beda tapi tetap satu" itu merupakan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Semboyan yang selalu harus dipegang oleh warga negara Indonesia apabila tidak ingin keanekaragaman tersebut punah.

Untuk menjaga kenekaragaman kita juga harus toleransi. Toleransi berarti adanya sikap yang saling menghargai, menghormati dalam keberagaman, mengasihi tanpa pandang bulu siapa dia, darimana latar belakangnya, siapa oarang tuanya atau dimana ia dilahirkan. Toleransi berarti hidup saling berdmpingan saling sapa, senyum dan membantu sesama.


Shandrila Alma Fitria, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia