x
BREAKING NEWS

Sabtu, 14 Desember 2019

Hati-hati Terpapar Radikalisme


    Radikalisme merupakan sebuah issue yang sangat banyak diperbincangan. Bahkan akhir-akhir ini banyak sekali diperbicangan tentang kampus-kampus yang diindentifikasi terpapar oleh paham radikalisme.

    Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bahkan menyatakan seluruh kampus, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta berpotensi terpapar radikalisme. BNPT telah melakukan pemantauan pemyebaran radikalisme diseluruh lembaga pendidikan.

Betapa bahayanya paham radikalisme ini apalagi bagi kaum milenial atau  kaum muda yang masih mencari-cari jati dirinya. Sehingga para anak muda harus berpikir kritis dan memili lingkungan pergaulannya. Karena radikalisme ini sangat mudah menular atau terpapar pada pemuda yang tidak kritis dalam mempertimbangkan segala sesuatu.

    Selain pemikiran yang tidak kritis atau kedangkalan keilmuan faktor lain yang menyebabkan pemuda terpapar radikalisme bisa dipengaruhu oleh faktor ekonomi, ketidakpuasan dan rasa dendam.

    Adapun ciri-ciri kelompok yang patut dicurigai sebagai kelompok radikalisme yakni eksklusif , intoleran dan mudah mengkafirkan kelompok lain.  salah satu contoh penyebaran paham radikalisme dengan tawaran berkedok pengajian . kemudian dalam pengajian itu akan disusupi paham-paham radikal, untuk itu kita harus lebih berhati-hati kemudian selektif dalam memilih pergaulan.

    Sehingga kita harus waspada terhadap kegiatan-kegiatan yang khususnya berkaitan dengan keagamaan . adapun cara yang dapat kita lakukan agar tidak terpapar oleh paham radikalisme adalah dengan selektif memilih informasi dan jangan menelan mentah-mentah sebuah informasi yang belum tentu sesuai kebenarannya.

Neng Devi Azizah, Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia