x
BREAKING NEWS

Jumat, 20 Desember 2019

Harus peduli pada pemberantasan korupsi

Oleh : Muhammad Ilham Alhusairy

Harus peduli pada pemberantasan korupsi

KPK, yang dulunya dibentuk untuk meningkatkan upaya pemberantasan korupsi, saat ini malah dikebiri. Seharusnya, penanganan perkara atau penindakan yang dilakukan KPK merupakan sebuah prestasi. Namun prestasi ini bisa jadi akan semakin turun pasca pengesahan revisi UU KPK.

Banyaknya anggota DPR dan pejabat pemerintahan yang tertangkap KPK, bisa jadi membuat ketar-ketir para pemangku jabatan di negeri ini. Bila dilanjutkan, maka tidak menutup kemungkinan, lambat-laun mereka pun akan menyusul

Untuk menangani kasus korupsi yang kian meraja rela perl adanya cara-cara yang serius juga. Namun langkah-langkah yang itu juga bisa di dilakukan oleh masyarakat. Pertama, meletakkan ketakwaan individu sebagai hal utama. Pejabat dalam Islam dipilih dari kalangan orang-orang bertakwa yang tidak diragukan lagi integritasnya. Dengan konsep pahala dan siksa, membuat seorang individu akan sangat berhati-hati dalam melakukan aktivitas agar tidak masuk dalam kubangan dosa.

Kedua, menumbuhkan kepedulian antar anggota masyarakat. Aktivitas amar makruf nahi munkar dianggap sebagai pelaksanaan kewajiban dari Allah. Bukan menjadi sesuatu yang tabu, apalagi dikriminalisasi.

Ketiga, paya antisipasi dan hukuman berat bagi pelaku yang dilakukan oleh negara. Upaya antisipasi ini meliputi: pemberian gaji layak bagi pejabat negara dan ASN, larangan menerima suap, serta penghitungan kekayaan pejabat secara berkala. Selain itu, negara juga memberlakukan hukuman berat bagi pelaku. Berupa ta'zir (hukuman berdasarkan kebijakan hakim) sesuai dengan besarnya kerugian negara yang ditimbulkan. Bahkan yang terberat bisa sampai dihukum mati. Hal ini dimaksudkan untuk memberi efek jera bagi koruptor sekaligus mencegah masyarakat umum melakukan tindak pidana korupsi.

Mudah-mudahan dengan kepedulian kita untuk sama-sama membangun negeri bebas dari korupsi.

Penulis,
Mahasiswa UIN Sunan Gunung DJati Bandung
Alamat : Kp. Ciganti Girang Rt 03 Rw 02, Desa Margaluyu Kab. Garut

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia