x
BREAKING NEWS

Minggu, 01 Desember 2019

Efektifitas Instagram Sebagai Media Tabligh

Moch. Nadzir memberikan pengertian efektifitas adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target, kualitas, kuantitas, waktu yang dipakai telah sesuai dengan target yang dikehendaki. Sedangkan Agung Kurniawan dalam bukunya tranformasi pelayanan publik mengartikan efektivitas sebagai kemampuan melaksanakan tugas, fungsi (operasi kegiatan program atau misi) daripada suatu organisasi atau sejenisnya yang tidak adanya tekanan atau ketegangan diantara pelaksananya.
Komunikasi efektif akan tercapai jika maksud dari pesan yang disampaikan oleh komunikator dapat dipahami baik oleh komunikan dan komunikasi dapat memberikan umpan balik seperti yang diharapkan oleh komunikator.
Unsur-unsur efektivitas
Bentuk konkrit efek dalam komunikasi adalah terjadinya perubahan pendapat atau perilaku khalayak yang diakibatkan oleh pesan yang menyentuhnya. Hal ini menyangkut proses komunikasi yang asasi sifatnya. 
Komunikator adalah unsur yang paling dominan dalam keseluruhan proses komunikasi untuk mencapai efektivitas yaitu mereka yang menyusun dan melontarkan pesan atau pernyataan umum pada khalayak.
Dari pengertian diatas dapat dimengerti bahwa yang menjadi unsur efektivitas dalam komunikasi (dakwah) adalah: 
Komunikator (Da'i)
Pesan (Maddah)
Media (Wasilah)
Komunikan (Mad'u), dan
Efek (Perubahan Tingkah Laku)
Efektivitas dari media Instagram terhadap mablug terutama kalangan remaja menimbulkan pengaruh yang cukup besar karena keunikan-keunikan dari fitur Instagram yang banyak diminati oleh semua kalangan.
Keunikan fitur video ini terdapat pada durasi yang diberikan oleh pihak Instagram. Para pengguna harus berfikir keras untuk mengemas pesannya menjadi sebuah informasi yang layak disampaikan dalam sebuah video dengan durasi yang maksimal hanya 60 detik. Instagram kini bukan hanya menjadi salah satu bentuk media teknologi informasi dan komunikasi, melainkan sudah menjadi sebagai media dakwah oleh beberapa kalangan penggiat dakwah di media sosial
Karena kepopuleran media instagram dan ketersedian informasi yang banyak ditemukan oleh orang-orang yang mencari informasi. Minat seseorang terhadap fitur yang ditawarkan instagram juga menjadikan instagram dipilih oleh orang-orang untuk berkomunikasi. Seperti halnya fitur foto dengan "bingkai" persegi. Siti Melina Buhang mengungkapkan bahwa: Alasan utama karena suka foto, dan Instagram merupakan media yang baik untuk berbagi foto. Selain itu juga Instagram lebih cepat update tentang informasi terkini. 
Foto yang diunggah ke Instagram akhirnya menjadi sebuah media komunikasi yang akan menjembatani antara pengirim dan penerima. Foto diunggah disertai narasi tentang  foto  tersebut  atau  narasi  tentang  si  pengirim  foto,  yang  kemudian akan direspon  oleh  pengguna  lain  yang  memiliki  ketertarikan  atau  minat  yang  sama. Banyak hal yang bisa digunakan sebagai tanda terjalinya komunikasi dari foto yang diunggah misalnya, tanda like, comment, share to, dan save. 

Oleh : Moh Falah Alpaizi

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia