x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Cegah Korupsi di Indonesia

Oleh: Tiara Ravilya Putri


Korupsi merupakan salah satu tantangan besar yang sering dihadapi di Indonesia. Seperti yang sudah diketahui oleh masyarakat Indonesia bahwa korupsi tidak hanya mengancam lingkungan dan  juga hak asasi manusia, akan tetapi mengancam atau menghambat pembangunan dan juga memperparah kemiskinan yang berada di indonesia.


Terdapat beberapa faktor diantaranya faktor internal dan juga eksternal. Faktor internal merupakan sifat yang berada didalam diri kita sendiri, dan yang menyebabkan korupsi sendiri yaitu di aktor ekternal nya kenapa? Karena faktor faktor nya meliputi faktor politik, hukum, ekonomi dan juga organisasi.


Untuk mencegah terjadinya korupsi mulailah untuk menanamkan semangat nasional positif yang dilakukan oleh pemerintah pemerintah yang berada di Indonesia dalam bentuk penyuluhan atau sebuah diskusi diskusi terhadap nilai nilai Pancasila.


Upaya penindakan yang harus diambil oleh pemerinta di Indonesia dan bekerja sama dengan lembaga independen, KPK. KPK membutuhkan peranan lembaga keadilan dalam menegakan kebenaran dan keadilan yang bersangkutan dengan korupsi dana dihukum dengan ketentuan undang-undang yang sudah berlaku.


Tiara Ravilya Putri, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia