x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Cegah Intoleransi dengan Menjunjung Tinggi Rasa Saling Menghargai

Nilai Keberagaman dalam dimensi perbedaan dikehidupan ini kini sudah menjadi karakteristik kehidupan social yang alami terjadi. Manusia yang mana merupakan makhluk individu sekaligus juga sebagai makhluk sosial yang diwajibkan mampu berinteraksi dengan individu atau manusia lain dalam rangka memenuhi kebutuhan dan menjalani kehidupan sosial dalam masyarakat.

Untuk menghadapi keberagaman yang sudah menjadi karakter tersebut, toleransi merupakan kebutuhan yang sangat penting yang harus di tanam dan di junjung tinggi dalam setiap diri pribadi seseorang. Toleransi yang mana merupakan sikap mampu dan mau menerima serta menghargai segala bentuk perbedaan ini tentunya harus kita pahami terlebih dahulu makna luasnya, toleransi sebenarnya bukan hanya tentang saling menghargai perbedaan agama saja, akan tetapi cakupan dari toleransi itu sendiri sangatlah luas seperti toleransi dalam hal kebudayaan, suku, status social dan keberagaman lainnya.

Setelah memahami makna luas dari toleransi tersebut tentunya kini kita tersadarkan bahwa yang namanya toleransi dalam keberagaman merupakan hal yang sangat penting dan wajib untuk dijunjung tinggi, guna menjaga keharmonisasian dalam masyarakat. Indonesia sebagai negara beragam baik dalam suku, agama dan ras harus menjunjung tinggi yang namanya toleransi. Kita tidak bisa membiarkan perbuatan seseorang atau kelompok tertentu yang mencoba memecah belah nilai kehidupan kita yang sudah terjaga.

Ketika kita tidak lagi menjunjung tinggi nilai toleransi akan menyebabkan perpecahan dalam negara ini. Karena pecahnya persatuan bangsa ini sangat berdampak pada keberlangsungan pembangunan suatu negara. Ketika rakyat suatu negara enggan untuk bersatu dan lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan bersilisih membela hal-hal yang sangat ia junjung tinggi, maka cita-cita negara tersebut untuk dapat maju sulit untuk diwujudkan, di sinilah letak pentingnya menjunjung tinggi toleransi guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Siti Rohmah
Mahasiswa UIN SGD Bandung, Kp.Cibodas RT 01 RW 01 Desa Cibodas, Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
085846414907, sitirohmahdpll@gmail.com


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia