x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Cari Solusi Cegah Radikalis

Oleh : Muhammad Iqbal

Dakwahpos.com,Bandung-"Radikal !", mungkin itu yang menjadi salah satu momok menyeramkan bagi kalangan elit & pejabat di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Setiap individu atau kelompok yang berusaha untuk mengubah tatanan kesatuan negeri ini, akan dicap radikal bahkan melakukan makar. Baik individu, kelompok ber-latar belakang idealisme sosial maupun agama. Sehingga, masyarakat pun dibuat ketakutan dengan kata "Radikal" ini. Terlebih, cap radikal selalu melekat pada Islam. Padahal seseorang atau kelompok yang radikal ini, bisa dari golongan manapun, bisa beragama apapun, dan bisa lahir dari siapapun. Maka dari itu, tidak bisa kita gunakan cap radikal atau radikalisme pada satu individu atau kelompok idealisme sosial atau agama tertentu. Karena paham radikalisme ini bisa berkembang dimanapun dan pada siapapun. Paham radikalosme ini menjadi musuh dalam selimut bagi suatu negara, bangsa, agama, kelompok sosial, atau apapun.
Maka dari itu, kita sebagai warga negara yang beragama, harus bisa menkaga diri kita dan menjaga kesatuan negara kita dari paham radikalisme ini. Kita juga jangan mudah untuk men-cap orang lain yang keras dengan pemikirannya, dan tidak menerima dengan demokrasi yang kita jalani dengan berbagai alasan, dengan cap radikal. Barangkali dia belum paham sepenuhnya tentang ideologi yang dia anut dan dengan berbagai macam ideologi yang ada di dunia ini, termasuk ideologi negara kita yaitu demokrasi pancasila. Barangkali dia belum mengetahui latar belakang tentang memilihnya suatu negara menentukan ideologinya sendiri dengan berbagai kesepakatannya. Sehingga dia keras menolak ideologi yang negara kita anut. 
Maka dari itu, memahami sejarah adalah hal yang penting dalam memberantas paham radikalisme. Mulai dari sejarah latar belakang perjuangan terbentuknya suatu negeri. Mulai dari versi A sampai versi Z. Lalu latar belakang terbentuknya ideologi yang suatu negara anut, dan lain-lain. Jika kita telah memahami berbagai versi sejarah tentang latar belakang terbentuknya suatu negara, maka paham radikalisme bisa ditekan dan tidak berkembang. Bahkan tidak lagi menjadi momok yang menakutkan bagi keutuhan suatu negara. Karena pada dasarnya, orang yang memiliki paham radikalisme adalah orang yang sangat meyakini apa yang dia ideologi-kan itu benar dan menganggap ideologi selain ideologi yang dia anut itu salah atau menyimpang. Karena itu, pentingnya sosialisasi tentang bahayanya radikalisme dan solusi dalam mengatasj radikalisme sangat penting bagi suatu pemerintah suatu negara, untuk menekan para individu atau kelompok yang radikal. Kepada siapapun, baik kepada warga awam, para cendekiawan, pelajar, mahasiswa, institusi-institusi, kaum agama, dan lain-lain.

Muhammad Iqbal, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Cipadung-Bandung, 087834563533.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia