x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

BUMN, milik negara atau milik mereka yang berkepentingan saja?

Perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang disorot oleh publik. Pasalnya, banyak pemimpin BUMN yang terseret korupsi, bahkan terjaring Operasi Tangkap Tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Terakhir, Direktur Utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) Darman Mappangara yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Dia diumumkan sebagai tersangka dalam kasus suap proyek Baggage Handling System (BHS) di PT Angkasa Pura Propertindo yang dilaksanakan oleh PT INTI (Persero) tahun 2019.

Lantas bagaimanakah respon Kementerian BUMN atas maraknya korupsi?
Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menyebut bahwa Menteri BUMN Rini Soemarno sendiri yang meminta KPK monitor para pemimpin perusahaan BUMN. Hal ini agar, lanjutnya, para pemimpin tetap waspada dalam menangani suatu proyek.

Selain itu, perlu adanya kesadaraan dan kredibilitas dari pegawai-pegawai BUMN untuk  saling mengawasi kinerja masing-masing agar tidak ada lagi yang terjerumus kedalam lingkaran hitam korupsi. Jika memang mitra kerja atau ruang lingkup BUMN itu saja masih kental dengan aroma korupsi, maka mau tidak mau perusahaan pelat merah ikut terjerumus.

Siti Sinta Fauziah
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jln. Manisi Gang Bhakti 5 No 02, Cibiru, Bandung
Sitisinta3636@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia