x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 Desember 2019

BUMN DAN KEDUDUKAN PERUSAHAAN NEGARA

Berdasarkan Perpu No. 1 Tahun 1969 (yang kemudia disahkan menjadi UU No. 9 Tahun 1969), ketiga bentuk perusahaan negara diberilkan bentuk hukum yang berbeda-beda. Dengan dengan demikian pengaturan sealanjutnya, baik mengenai struktur organisasinya, hubungan pertanggung jawaban, hierarki, dan sebagainya yang menyangkut kedudukannya dapat dilakukan dengan harapan yang lebih sempurna. Demikian juga mengenai hal-hal lainnya, seperti personil, permodalan, dan sebagainya. 

Kalau sebelumnya telah diatur pertanggung jawaban dari kepala jawatan/direktur utama (untuk perjan) dari direksi/general manager (untuk perum/perum otorita) kepada menteri/dirjen yang bersangkutan, namun masih dapat dipersoalkan, pertanggung jawaban ini merupakan pertanggung jawaban yang bagaimana, isinya tentang apa dan seberapa jauh batas-batas pertanggungjawaban itu? Disamping itu, masih dapat diketengahkan beberapa kemungkinan persoalan yang sejenis dengan ini; perbedaan letak wewenang dan akibat pertanggungjawaban antara dirjen yang membawahi perusahaan negara yang bersangkutan dengan pimpinan perusahaan negara termaksud. Sebagai contoh dapat dipertanyakan bagaimana pertanggungjawaban antara dirut perusahaan negara/perum listrik negara terhadap Menteri PUTL pada waktu itu dan pertanggungjawaban dirjen gas dan listrik (Gatrik) terhadap menteri yang sama.

Dapatkah dipertanyakan juga, misalnya seberapa jauh batas-batas pertanggungjawaban dirut Perjan kereta Api/PJKA kepada menteri perhubungan dibandingkan dengan pertanggungjawaban Dirjen Perhubungan Darat terhadap menteri yang sama terhadap perkeretaapian? Dengan sendirinya, persoalan ini sebenarnya berkisar pada kedudukan organisatoris dari perusahaan negara yang bersangkutan dibandingkan dengan dirjen-dirjen yang bertanggung jawab terhadap perusahaan negara termasuk dalam hubunganngya dengan departemen /menterinya masing-masing.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia