x
BREAKING NEWS

Kamis, 26 Desember 2019

BPJS operator kesehatan masyarakat

BPJS dapat diartikan sebagai operator kesahatan masyarakat indonesia. Belakangan ini terkait isu kenaikan BPJS, banyak faktor yang menyebabkan naiknya iuran BPJS. Operator kesehatan yang berisfat gotong royong, dalam artian negara dan masyarakat saling menanggung iuran yang ada dalam BPJS ini. Menurut pengamat kebijakan publik " jika iuran bpjs tidak ditutupi maka defisit BPJS akan terus bertambah. Hidup adalah pilihan, melakukan penutupan iuran BPJS oleh pemerintah atau mengurangi pelayanan kesehatan" ujar agus pambagyo.
 Negara pada prinsipnya tidak pernah bangkrut. Mengenai tuntutan BPJS itu hanya ada 2 kategori. Hal yang pertama adalah pajak, jika berbicara soal pajak adalah kewajiban yang menurut undang-undang itu adalah wajib. Hal yang kedua menurut retribusi adalah sukarela karna itu kontraprestasi. Melihat undang-undang tahun 2004 mengenai jaminan sosial spiritnya adalah ingin memenuhi pasal 34 dari undang-udang dasar. Didalam menimbang dan mengingat disebutkan bahwa apakah itu hak daripada warga negara atau pungutan wajib, jika iuran tidak dibayar maka dikenakan sanksi. Perlu adanya penyelidikan terkait isu naiknya iuran BPJS, agar rakyat miskin tidakk menjadi menjadi korban.
 Iuran dapat dipastikan naik akan tetapi ada berbagai macam pilihan agar tidak ada pihak yang dirugikan. Salah satu caranya adalah pemerataan dalam membayar iuran. "Perusahaan besar yang dikenakan tarif pembayaran 2 kali sampai 3 kalinya seharusnya menjadi 5 sampai 7 kalinya. Kemudian masyarakat yang gajinya diatas 7 juta pun seharusnya membayar iuran lebih besar" ujar Rizal ramli. 
Kenaikan dan ketetapan iuran BPJS kini sedang menjadi topik panas dikhalayak masyarakat. Pemerataan iuran BPJS yang menjadi salah satu upaya penyelesaian masalah  pun belum bisa menjadi kunci terselesaikannya masalah. Pemerintah diharapkan lebih menegaskan lagi kepada aturan-aturan dalam iuran BPJS. Pemasokan dana yang  masuk kepada pihak rumah sakit juga tidak sebanding dengan yang dikeluarkan, sehingga ada kerugian yang dialami oleh pihak rumah sakit. 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia