x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Bertaruh Medali dan Prestasi Lewat Keringat

Oleh : Muhammad Ikhsan Rizki Ramadhan

Perhelatan Sea Games 2019 dimulai para Atletpun berdatangan dari berbagai penjuru negara di Asia tenggara untuk beradu kemampuan diantara atlet yang satu dengan yang lainnya. Perhelatan Sea Games ini diselenggarakan di Manila, ibu kota dari negara Filipina. Pesta Olahraga Asia Tenggara kali ini akan menjadi Pesta Olahraga Asia Tenggara yang ke-30 (tiga puluh). Pesta Olahraga Asia Tenggara ini akan diselenggarakan di Quirino Grandstand, Rizal Park. Ini akan menjadi kali ke-empat dalam sejarah Pesta Olahraga Asia Tenggara, Filipina menggelar Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara dan kali kedua setelah 14 tahun, Filipina menggelar Pesta Olahraga Asia Tenggara tersebut. Filipina telah menggelar Pesta Olahraga Asia Tenggara, antara lain pada tahun 1981, 1991, dan 2005. Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara 1981 dan 1991 diselenggarakan di Manila sedangkan pada tahun 2005, beberapa pertandingan diselenggarakan di Metro Manila, Los BaƱos dan Calamba City di Laguna, Cebu, Bacolod, Pampanga dan Subic, Zambales.

Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara kali ini juga akan memperingati 60 tahun penyelenggaraan SEAP Games sejak terbentuknya di Thailand pada tahun 1959. Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara juga akan menjadi peringatan 42 tahun Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara atau Southeast Asian Games (SEA Games). Indonesia sebagai salah satu negara yang besar di Asia tenggara tidak mau ketinggalan untuk ikut berpartisipasi dalam perhelatan akbar ini sampaikan Indonesia  mengirimkan lebih dari 800 atletnya dan juga lebih dari 200 pelatih yang mendampinginya sebagai tanda keseriusan Indonesia untuk mengikuti ajang bergengsi ini. Berbulan-bulan para Atlet Indonesia menunjukkan masing-masing ketangkasan di medan laga hingga akhirnya pada puncaknya Timnas Indonesia dibawah asuhan pelatih Indra sjafri mampu lolos menuju final sepakbola melawan Vietnam. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang pantas untuk diperhitungkan sebagai lawan dalam kompetisi olahraga di Asia.

Atlet Indonesia mampu menguasai beberapa cabang olahraga yang diantaranya adalah cabang bola volley, Futsal, sampaipun Sepak bola. Akan tetapi pada akhirnya dari semua cabang yang diperlombakan hanya beberapa cabang saja yang mampu menghasilkan medali emas, namun hal ini merupakan pencapain prestasi yang luar biasa jika dibandingkan dengan negara-negara asia tenggara lainnya yang hanya mampu mendapatkan beberapa medali emas saja bahkan ada yang tidak mendapatkan medali emas sekali. Indonesia sebagai salah satu negara besar mampu mengumpulkan 267 medali dari semua cabang perlombaan yang dilombakan dan Indonesia harus puas berada diposisi ke empat dari 11 negara yang mengikuti event ini. Namun walaupun demikian kita harus berbangga karena Indonesia memiliki banyak Atlet berbakat yang kemampuannya banyak diperhitungkan oleh negara lainnya sebagai lawan yang berat untuk dikalahkan. Hidup Atlet Indonesia...!  


Muhammad Ikhsan Rizki Ramadahan, Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia