x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Berkata Baik atau Diam

Keberagaman merupakan suatu hal yang tak dapat dielakkan dalam kehidupan di muka bumi ini. Banyak sekali perbedaan dan keberagaman yang sering kita temukan di sekeliling kita. Terutama bagi kita yang hidup dan tinggal di Negara Indonesia, negara yang memiliki semboyan "Bhinneka Tunggal Ika; Berbeda-beda tetapi tetap satu jua." Dari semboyan inipun kita kita juga dapat mengetahui bahwa Negara Indonesia memiliki banyak sekali keberagaman. Keberagaman ini pula yang membuat masyarakat Indonesia disebut  masyarakat majemuk.

Dewasa ini, sikap toleransi yang sering digaungkan oleh tokoh agama bahkan aparatur pemerintah dirasa hanya sebatas selogan, pasalnya masih marak kasus yang menyinggung SARA yang terus terjadi. Salah satu tempat yang sering menuai konflik mengenai sindiran dan singgungan mengenai SARA  ini adalah Sosial Media. Sosial Media adalah tempat dimana anak kecil sekalipun dapat berdebat dengan orang dewasa, orang yang tidak mengenyam pendidikan dapat leluasa beradu argumen dengan mereka yang mengenyam pendidikan, ditambah lagi dengan realita yang terjadi bahwa ketika beradu argumen di Media Sosial ini tidak bertatap muka maka penggunanya menjadi semakin leluasa melontarkan ujaran-ujaran yang bersifat sensitif dan berbau tidak saling menghargai.

Selain keleluasaan menyampaikan pendapat, Sosial Media yang aksesnya sangat mudah dan dapat menyebarluaskan Informasi secara cepat juga dapat menjadi bumerang bagi penggunanya apabila menerima dan menyebarkan informasi yang berkaitan dengan SARA tanpa mengecek kebenaran dari berita tersebut sehingga menimbulkan perselisihan dan perdebatan yang lagi-lagi menunjukkan nilai-nilai yang jauh dari kata "TOLERANSI".
 
Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu bijak dalam bersosial media. Berkatalah yang baik, jika tidak mampu berkata yang baik maka lebih baik diam agar tidak menimbulkan perdebatan. Selain itu, sikap "Saring sebelum sharing" juga penting dilakukan hal ini berkenaan dengan manfaat yang akan ditimbulkan dari berita tersebut. Jika dikhawatirkan menimbulkan sikap Intoleransi, maka lebih baik tidak disebarkan agar meminimalisir dampak tidak saling menghargai.

Siti Sinta Fauziah
Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. Manisi Gang Bhakti V  No.02 Cibiru, Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia