x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Berfikir Cerdas Itu Harus

Oleh: Vivi Putri Sukmawan

Radikalisme adalah suatu gagasan atau paham yang ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara  kekerasan yang identik dengan terorisme. Inti dari gerakan radikalisme ini ialah sikap seseorang atau kelompok yang  menghalalkan segala cara agar tujuannya tercapai sekalipun dengan kekerasan dengan bom misalnya. Penganut radikalisme ini menganggap semua pihak yang berbeda pandangan dengannya adalah musuh yang harus disingkirkan.

Perlu adanya edukasi  atau diskusi-diskusi mengenai paham radikal. Juga perkuat pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Mengapa? Karena radikalisme merupakan sutau paham yang sangat bertentangan sekali dengan pancasila. Dengan adanya hal seperti itu, maka masyarakat akan mengetahui betapa bahayanya radikalisme itu.

Apalagi pada saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat, soaial media pun semakin banyak,  hal itu dapat dengan mudah kelompok radikal ini untuk menyebarluaskan paham nya dan semakin mudah diterima  oleh khalayak. Kita perlu menyaring kembali informasi yang diterima dari berbagai situs internet ataupun sosial media. Maka, kita sebagai masyarakat harus selektif dalam menerima informasi. Periksa dan telaah  terlebih dahulu kebenaran informasi yang didapat jangan mudah terpengaruh dan jangan hanya ikut-ikutan.

Selain itu, untuk mencegah pemahaman radikalisme dan tindak terorisme ialah memahamkan ilmu pengetahuan dengan baik dan benar. Setelah memperkenalkan ilmu pengetahuan dilakukan dengan baik dan benar, langkah berikutnya ialah tentang bagaimana cara untuk memahamkan ilmu pengetahuan tersebut. Karena tidak hanya sebatas mengenal, pemahaman terhadap yang dikenal juga diperlukan. Sehingga apabila pemahaman akan ilmu pengetahuan, baik ilmu umum dan ilmu agama sudah tercapai, maka kekokohan pemikiran yang dimiliki akan semakin kuat. Dengan demikian, maka tidak akan mudah goyah dan terpengaruh terhadap pemahaman radikalisme sekaligus tindakan terorisme

Jadi, untuk mencegah radikalisme ini kuncinya hanya satu yaitu jihad. Jihad disini bukan berarti berperang atau melawan dengan kekerasan. Tetapi, makna jihad disini yaitu mengeluarkan segala kemampuan kita untuk berfikir cerdas dalam menganalisa kebenaran suatu paham atau ideologi. juga mengerahkan kemampuan agar dapat terhindar dari radikalisme.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia