x
BREAKING NEWS

Rabu, 25 Desember 2019

Berbeda Agama Bukan Berarti Menjadi Musuh

Oleh : Zahidah Sabila Rusyda

Indonesia dikenal dengan keberagamannya,mulai dari beragam budaya,bahasa,suku,dan juga beragam kepercayaan. Sebagai negara kepulauan yang memiliki beragam budaya tersebut,hendaklah kita mampu mewujudkan sebuah sikap toleransi terhadap adanya perbedaan tersebut.

Jika berbicara Toleransi maka pasti identik sekali dengan adanya perbedaan kepercayaan. Dan karena di Indonesia memiliki beragam kepercayaan pula,maka sudah sepatutnya kita mengetahui dan paham mengenai toleransi yang terjadi di negara kita ini.

Tak banyak berita di Indonesia ini melaporkan atau menjelaskan mengenai intoleransi yang terjadi di negara ini. Seperti contohnya adanya pemboman di daerah Indonesia timur terdahap masjid atau gereja. Dan didasari karena intoleransi umat beragama yang berada di sana.

Dari contoh diatas,kita dapat mengetahui bahwa sikap toleransi dalam negara kita ini belum cukup untuk adanya. Dan sudah sepatutnya kita sebagai warga negara Indonesia menumbuhkan sikap toleransi tersebut. Mulai dari hal-hal kecil,seperti menanamkan dalam diri anak penerus bangsa sikap toleransi sedini  mungkin. Kita harus memberikan suatu pelajaran yang membuat dia menghargai orang lain,contohnya ialah jika ada seorang anak yang membawa bekal makan siang yang berbeda dengan kita,hendaklah kita mengajarkan untuk berbagi agar supaya bisa merasakan masakan tersbut,tanpa mengolok-olok teman tersebut. Atau dengan cara jika ada seorang teman kita yang memiliki kulit berbeda sendiri,misalkan berwarna putih sedangkan kita memiliki kulit sawo matang hendaklah kita menghargai perbedaan tersebut dengan bermain juga dengan dia,dan bersikap baik kepada ia sesuai dengan sikap terhadap teman lain.

Dengan pengajaran begitu pastilah nanti sang anak bisa tumbuh sikap toleransi. Dan bisa menjadi berbedaan-berbedaan di dalam negara Indonesia ini menjadi sebuah rahmat yang diberikan Tuhan yang Maha Esa kepada Indonesia,dan mampu untuk menindahkannya. Bukan sebaliknya,yang menjadikan sebuah perbedaan ini menjadi sebuah perpecahan.

Zahidah Sabila Rusyda
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Perumahan Victory Land Blok K No.4 Ujung Berung,Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia