x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Basmi Radikalisme dengan Memenuhi Hak dan kewajiban Masyarakat

Setiap masyarakat mempunyai peranan penting di dalam kehidupannya sehari-hari. Salah satu peranan penting yang dimiliki masyarakat ialah tentang hak dan kewajibannya sebagai rakyat dalam suatu bangsa. Alangkah baiknya, jika hak dan kewajiban masyarakat tersebut, bisa terpenuhi dan seimbang diantara keduanya.


Setiap individu dari masyarakat mempunyai hak, yang mana harus terpenuhi oleh pemerintah. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pemerintahan merupakan wakil rakyat. Maka dari itu, pemerintahan mempunyai kewajiban untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat. Hak yang  harus terpenuhi antara lain, hak masyarakat mendapatkan perlindungan hukum, berpendapat dan berorganisasi, bebas memilih, dan hidup dalam ketenangan dan kedamaian.


Selain memiliki hak, masyarakat juga memiliki kewajiban. Kewajiban berarti sesuatu yang harus dipenuhi dan dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab. Dalam konteks masyarakat diartikan sebagai sesuatu yang harus dilakukan oleh masyarakat sebagai warga negara yang baik dengan rasa tanggung jawab. Salah satu wujud kewajiban masyarakat terhadap negara adalah mematuhi aturan atau norma yang berlaku di masyarakat.


Bagaimana jadinya jika kedua peranan penting tadi yakni hak dan kewajiban masyarakat tidak terpenuhi? Salah satu yang akan menjadi dampaknya adalah perdamaian antara masyarakat di suatu bangsa akan terguncang dan munculnya radikalisme.  Seseorang biasanya akan bertindak ekstrim ketika hak mereka tidak terpenuhi. Misalnya salah satu hak seseorang adalah mendapatkan kehidupan yang damai, tetapi kenyataannya ia malah hidup dalam keadaaan kesenjangan sosial, hidupnya serba kekurangan, maka itu bisa pemicu munculnya pemikiran radikalisme di masyarakat.


 Salah satu ciri, orang-orang yang menganut paham radikalisme adalah ia akan berbuat apa saja untuk mewujudkan keinginan mereka bahkan dengn cara kekerasan sekalipun. Nah kita kembali pikirkan, apabila hak seseorang tidak terpenuhi lalu mereka hidup dalam kesenjangan sosial maupun ekonomi, maka tidak mustahil bagi sesesorang melakukan tindak kejahatan untuk berusaha memenuhi apa yang mereka butuhkan. Lalu, megenai kewajiban mereka sebagai warga negara pasti akan merusaknya dan mereka lalai akan kewajiban tersebut, misalnya aturan dan norma dalam masyarakat yang telah ditentukan, bisa rusak karena tindak kejahatan yang dilakukan seseorang.


Solusi nya bagi permasalahan ini, adalah pemerintah harus memenuhi hak masyarakat, dengan aksi nyata, sehingga dapat meminimalisir tingkat kejahatan ataupun kekerasan hanya dikarenakan hak masyarakat yang tdak terpenuhi. Disisi lain juga, kita sebagai masyarakat harus menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara.  Kita juga harus mempercayai dan memberi dukungan kepada pemerintah bahwa mereka bisa mewujudkan apa yang menjadi hak warga negara. Karena pada dasarnya, pemerintahan merupakan wakil rakyat.
 

Syifa Avifah Zahra
Mahasiswi UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia