x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Atlet, Pahlawan Indonesia Maju

Oleh : Raihan Aqhsal Arighi


Berakit-rakit kehulu

Berenang-renang ketepian

Bersakit-sakit dahulu

Baru kemudian bersenang-senang

 

Bait pantun itu tidaklah asing lagi terdengar di telinga kita, memang sebagai manusia yang menginginkan kebahagiaan rupanya tidak akan pernah lepas dari yang namanya perjuangan. Sejatinya manusia dari awal proses penciptaannya sudah mengenal yang namanya berjuang. Dari jutaan sperma yang berlomba menuju sel telur, hanya satu sperma yang berhasil sampai di garis finish, yaitu sekarang kita yang menjadi manusia.

 

Hal tersebut juga tengah dilakukan oleh para atlet Indonesia di Manila, yang sedang berjuang keras, membawa kehormatan derajat dan martabat bangsa di kancah Asia Tenggara, pada ajang Asian Games 2019. Menjadi seorang pemenang tidaklah mudah, mengerahkan kemampuan terbaik adalah hal penting yang mesti dilakukan para atlet Indonesia, dan mendo'akan para atlet adalah kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

Bagi kami para atlet Indonesia adalah pahlawan yang maju di medan tempur, berperang di medan laga, membawa visi mulia yaitu Indonesia maju. Asian games adalah arena pertempuran yang mempertaruhkan kehormatan bangsa. Bukan kehormatan suku yang dibawa, bukan pula derajat etnis yang jaga. Tapi citra dan wibawa bangsa yang harus dipertahankan.

 

Semangat yang menggelora di dalam dada para atlet Indonesia sangat dibutuhkan karena menjadi bagian perwakilan atlet adalah suatu anugerah terbesar yang tidak semua rakyat Indonesia mampu untuk mendapatkannya.

 

Menjadi juara bukanlah keharusan, tetapi menjaga sportivitas adalah suatu kewajiban. Karena seyogyanya tidak akan pernah merasakan kebanggaan yang hakiki tatkala menjadi seorang juara yang tidak menjaga sportivitas dalam setiap pertandingan yang dihadapinya. Pepatah Arab mengatakan "Man Jadda wajada " barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil. 


Raihan Aqhsal Arighi

Mahasiwa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia