x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Antisipasi Virus Menyerang Tubuh

Indonesia sudah memasuki musim hujan. Setelah melalui kemarau yang panjang dan berakhirnya badai El Nino di Australia sana, hujan mulai mengguyur wilayah Indonesia. Lingkungan yang awalnya kering dan penuh debu berubah menjadi basah dan lembab. Perubahan lingkungan yang disebabkan oleh perubahan cuaca ini menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, seperti demam berdarah dan flu.

Untuk menghindari penyakit di musim hujan, perlu adanya antisipasi yang dilakukan, karena biasanya virus banyak berkembang saat musim hujan. Seperti nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus Dengue penyebab demam berdarah, lebih rajin berkembang biak saat hujan.

Kebersihan di sekitar rumah menjadi hal yang sangat penting, untuk mencegah virus berkembang biak, terutama virus dari nyamuk. Sampah-sampah yang menumpuk di sekitar rumah harus segera di bersihkan. Sampah dedaunan bisa dikubur sebagai pupuk alami dan sampah plastik lebih baik dibuang atau dijual. Barang-barang yang tidak perlu pun sebaiknya disingkarkan, terutama yang berada di luar ruangan serta membersihkan semak-semak di sekitar rumah agar tidak di jadikan sarang nyamuk.

Saat hujan turun, air tidak seluruhnya meresap ke dalam tanah. Jika barang-barang dan semak-semak tidak dibersihkan, biasanya ada genangan air yang tersisa. Disitulah nyamuk akan berkembang biak.

Di dalam rumah, semua jenis penampung air harus dibersihkan. Bukan hanya bak air di kamar mandi, tapi juga pot bunga yang menampung air harus dibersihkan secara berkala agar tidak dijadikan tempat bertelurnya nyamuk. Juga, hindari menggantungkan baju di sudut ruangan atau dibelakang pintu, terutama baju yang sudah dipakai karena nyamuk menyukai bau tubuh manusia.

Selain virus mudah berkembang biak saat hujan, cuaca yang dingin juga menyebabkan daya tahan tubuh berkurang karena kekurangan vitamin D dari cahaya matahari. Daya tahan tubuh yang menurun ini akan mneyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, pola makan harus dijaga dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, juga cuci tangan sebelum makan.

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan banyak benda, sehingga tangan kita akan mudah kotor dan banyak virus atau bakteri menempel di tangan. Agar virus tidak masuk ke dalam tubuh, sebelum makan dianjurkan mencuci tangan dengan sabun. Virus juga bisa menular lewat udara, cegahlah dengan memakai masker ketika bepergian keluar rumah agar virus di udara tidak terhirup.

Meskipun hujan, jangan lupakan berolah raga dan tidur yang cukup. Olah raga dan tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang virus.

Kegiatan-kegiatan tersebut mudah untuk dilakukan tanpa mengeluarkan biaya. Berbeda halnya jika virus sudah menyerang tubuh, kemungkinan mengeluarkan biaya tidak bisa dihindari jika kita sudah sakit. Jadi, lebih baik kita mencegah virus dengan hal-hal sederhana untuk hidup sehat di musim hujan.


Oleh: Siti Sarah R.
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati, Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia