x
BREAKING NEWS

Selasa, 24 Desember 2019

Antisipasi Menghadapi Musim Penghujan

Oleh: Vivi Putri Sukmawan

Seperti  yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki 2 musim. Yakni musim kemarau dan musim hujan. Sebagai  manusia terkadang banyak mengeluhnya. Ketika musim kemarau pasti mengeluh pasnaslah, tidak ada  airlah karena sumur mulai mengering, dan sebagainya. Saat musim hujan tiba masih juga mengeluh. Serbasalah.

Pada saat ini, cuaca  sudah tak menentu dan sepertinya musim hujan akan segera tiba. Saatnya mengantisipasi segala sesuatunya.  Dimulai dari rumah  yang kita tinggali. Periksa atap atau genting rumah. Pastikan aman dan tidak ada lubang yang mengakibatkan air hujan dapat masuk kedalam rumah. Jika ada, segeralah perbaiki.

Jaga kebersihan rumah. Karena ketika musim hujan biasanya banyak nyamuk yang berkembang biak. Caranya yaitu dengan menguras tempat  penampung air dan juga memberikan antiseptic jentik lalu menutup penampungan air tersebut agar tidak menjadi tempat pertumbuhan jentik.

Selanjutnya, jangan menumpuk pakaian kotor, segeralah untuk mencucinya. Karena jika hujan turun, pakaian susah kering. Bisa-bisa pakaian didalam lemari habis karena belum kering. Kecuali, jika dirumah memiliki mesin cuci yang sedikit membantu pakaian untuk cepat kering. Tetapi, tetap saja jangan sampai menumpuk baju kotor.

Jika musim hujan biasanya suhu menjadi dingin. Maka dari  itu, siapkan pakaian yang agak tebal agar tubuh tetap terasa hangat seperti jaket, sweater atau baju berlengan panjang. Sediakan juga minuman yang dapat menghangatkan tubuh, susu jahe misalnya.

Selain  itu, siapkan payung lipat yang dapat dimasukkan kedalam tas dan dapat dibawa kemana-mana, "sedia payung sebelum hujan". Bagi pengendara roda 4, sediakan juga payung didalam mobil agar ketika hujan dan diharuskan keluar, tidak perlu khawatir dan tidak perlu basah-basahan. Juga bagi pengendara sepeda motor, simpan jas hujan dalam bagasi jangan sampai tertinggal  untuk antisipasi ketika sedang diperjalanan dan tiba-tiba turun hujan.

Pada musim penghujan penyakit mudah meyerang tubuh seperti flu, batuk, pilek, hingga hipotermia. Oleh karena itu, sudah sepatutnya untuk menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan agar tubuh tidak kehilangan energy. Rutin berolah raga agar daya tahan tubuh bagus sehingga tidak mudah terserang penyakit. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah, terutama buah yang mengandung vitamin c. juga mengkonsumsi susu dan vitamin agar tubuh tetap prima.

Terakhir,bagi para pengendara baik roda dua atau ronda empat segeralah untuk mengecek kendaraan. Jangan sampai ketika berada diperjalanan rem blong, mogok, dan sebagainya. Apalagi ketika musim hujan jalanan licin ditambah rem blong itu mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia