x
BREAKING NEWS

Jumat, 20 Desember 2019

Adakan Donor Darah Mahasiswa UIN SGD Kerjasama Dengan Pmi Kota Bandung

Dakwahpos.com, Bandung- Mahasiswa jurusan humas adakan acara yang salah satunya adalah donor darah, kegiatan donor darah ini di bantu oleh anggota pmi kota bandung pada tanggal 28 oktober lalu, menurut petugas pmi kota bandung tersebut ada beberapa syarat untuk menjadi pendonor. Diantaranya:Umur minimal 17 tahun. Di usia ini, perkembangan tubuh telah sempurna. Sehingga, mendonorkan darah tidak mengganggu sistem kerja tubuh, Berat badan minimal 45 kg. Kurang dari itu, pengurangan darah dikhawatirkan akan mengganggu keseimbangan sistem kerja tubuh, Temperatur tubuh normal, antara 36,6 - 37,5 derajat Celsius, Tekanan darah normal, yaitu sistole 110 - 160 mmHg, diastole 70 - 100 mmHg, Denyut nadi teratur, yaitu sekitar 50 - 100 kali/ menit, Haemoglobin wanita minimal 12 gram%, pria minimal 13 gram%., Frekuensi donor darah maksimal 5 kali setahun, atau berjarak minimal 3 bulan.

Adapun efek samping setelah mendonorkan darah adalah sebagai berikut:

ada saja beberapa orang dilaporkan mual, pusing, dan lelah usai melakukan donor darah. Jika ini terjadi, kondisi tersebut seharusnya hanya berlangsung beberapa menit.

Dan jika merasakan hal hal berikut ini sebaiknya segera menghubungi medis:

Masih merasa pusing atau mual setelah minum, makan, dan beristirahat, Muncul benjolan dan mengeluarkan darah di lokasi jarum, Lengan sakit, mati rasa, atau kesemutan.

"Makanya setelah donor kita berikan susu, makanan dan vitamin untuk mengembalikan kembali kondisi tubuh si pendonor," ujar anggota pmi setelah selesai di wawancarai.


reporter, fahmi (mahasiswa kpi uin sgd)  

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia