x
BREAKING NEWS

Minggu, 24 November 2019

Tingkatkan Kepekaan Jama’ah, Rumah Amal Masjid Salman Adakan Kelas Akademi Relawan

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Salman melalui program yang dilakukan Rumah Amal pada Ahad (3/11/19) mengadakan Kelas Akademi Relawan, kegiatan ini berisi pembelajaran tentang dunia kerelawanan, khususnya relawan kebenacanaan dan kesehatan. Menjadi seorang relawan, khususnya relawan kesehatan dan kebencanaan tidaklah mudah. Butuh keahlian khusus yang harus dimiliki agar kegiatan kerelawanan berjalan baik.


Menurut M. Kamal Muzakki, Direktur Rumah Amal, "Selain memiliki keahlian khusus seputar kesehatan dan kebencanaan, seorang relawan harus memiliki kepekaan dan kontribusi yang dilaksanakan secara berjamaah (amal jama'i)."


Kelas Akademi Relawan diadakan di Ruang Kelas Serbaguna Masjid Salman ITB. Para peserta yang hadir berasal dari berbagai profesi, ada yang berprofesi sebagai karyawan, ada pula pelajar (mahasiswa). Tidak hanya sampai di situ, selepas kelas, para peserta ditugaskan meneliti kondisi masyarakat di sekitar kediamannya masing-masing. Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kepekaan dan keikhlasan.


Kepekaan harus diuji karena seorang relawan harus mampu menilai keadaan secara cepat dan tanggap, tanpa adanya kepekaan relawan tidak mungkin dapat bertindak jika adanya ketimpangan yang terjadi. Ujar M. Kamal Muzakki selaku Direktur Rumah Amal.

Diisi oleh Kak Idzma Mahayattika, beliau memaparkan dasar-dasar kerelawanan yang harus dimiliki para Cakor. "Seorang relawan harus membangun kepekaan, keikhlasan, wawasan, dan juga kerelaan," pungkasnya.


Reporter: Darto, KPI 3/A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia