x
BREAKING NEWS

Senin, 25 November 2019

Perkuat iman terhadap kematian, Pengurus DKM as-Siraj ajak jam'ah rihlah religi ke makam wali



Dakwahpos.com- Bandung-- Pengurus DKM As-Siraj Panyileukan Bandung dan rombongan mengadakan rihlah Reigi ke Makam Waliyullah Syehk abdul muhyi panijahan,Tasikmalaya, Rabu, 20 November 2019.Kunjungan rombongan DKM AS-Siraj ini dalam rangka tadabbur alam dan tafakkur jejak para waliyullah dalam menyebarkan agama islam.

Setibanya di lokasi, Ratusan jama'ah rombongan DKM AS-Siraj langsung menemui juru kunci (kuncen) makam syehk abdul muhyi dan disambut ramah oleh juru kunci. Setelah disambut, ratusan rombongan DKM As-Siraj tampak memadati lokasi makam waliyullah tersebut.

Ketua Rombongan DKM AS-Siraj, Zainal Abidin (43 tahun) mengatakan, tujuannya mengadakan rihlah religi ini, tiada maksud lain hanya ingin ngalap berkah, dan tafakkur jejak para waliyullah yang ada di pamijahan khususnya juga sekaligus ingin memeperbaharui keimanan terhadap kematian lewat rihlah religi ini.
 
"Saya dan rombongan datang ke sini, hanya ingin ngalap berkah, dan tafakkur jejak para waliyullah yang ada di pamijahan khususnya juga sekaligus ingin memeperbaharui keimanan terhadap kematian, Karena pasti kita semua akan mengalami yang namanya kematian, siapapun kita, apapun profesi kita, setinggi apapun jabatan kita,mati adalah hal yang pasti", katanya.

Menurut salahsatu peserta rihlah, Eti (45 tahun), dengan mengikuti rihlah religi ini banyak hal dan hikmah yang bisa di petik diantaranya adalah kesadaran bahwa orang soleh ternyata setelah meninggal pun masih bisa memberi manfa'at bagi orang lain.

"Intinya, kita harus berusaha untuk menjadi orang soleh, karena orang soleh ternyata setelah tiadapun masih bisa bermanfa'at bagi orang lain. Seperti yang kita lihat, dengan banyaknya para peziarah yang datang kesini banyak orang yang bisa mencari penghasilan disini misalnya berjualan, dan lain sebagainya. Ini kan karena ada orang soleh yang di ziarahi", tutrnya.

Selain mengunjungi makam syehk abdul muhyi, rombongan DKM As-Siraj beserta rombongan lainnya juga memasuki gua safarwadi, yang merupakan tempat syekh abdul muhyi bermusyahadah dan bertaqorrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT. Di gua tersebut terdapat bekas tempat syehk abdul muhyi sholat. Tak terlewatkan sebagian rombongan DKM A-Siraj ada yang mencoba lekukan-lekukan tanah yang ada dalam gua tersebut yang konon menurut keyakinan dan penjelasan dari juru kunci, tidak semua kepala bisa masuk ke dalam lekukan tanah tersebut, tetapi bila ada kepala yang masuk dan pas sesuai ukuran lekukan tersebut menandakan bahwa dia akan bisa menunaikan ibadah haji.

"Tidak semua bisa masuk, tapi kalau masuk, insya Allah bisa naik haji dengan washilah karomah syehk abdul muhyi dan atas izin Allah SWT", tutur Hamid (juru kunci) makam.

Reporter : Idan Sumarna KPI 3 B

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia