x
BREAKING NEWS

Senin, 18 November 2019

Menarik Minat Anak-anak untuk Kembali ke Masjid

Cibiru – Zaman sekarang ini, sering kita lihat masjid-masjid yang berada di daerah perkotaan ataupun di daerah pedesaan kebanyakan hanya didisi oleh orang yang sudah lanjut usia saja. Hal ini menunjukan bahwa minat anak-anak untuk datang ke masjid semakin menurun, salah satu faktor penyebabnya karena anak-anak lebih gemar bermain "game" yang berada dalam gawainya.

Berbeda dengan salah satu masjid yang terletak di daerah Cibiru Wetan, yaitu Masjid At-Taqwa. Masih terlihat banyak anak-anak yang datang untuk mengaji di masjid ini. Hal ini dikarenakan adanya kegiatan belajar alat musik "hadroh" yang diadakan oleh staf pengajar di masjid ini. Kegiatan ini sangat berpengaruh sekali terhadap minat masyarakat terutama anak-anak untuk kembali belajar agama.

"Kegiatan belajar hadroh ini bukan hanya untuk menarik minat anak-anak untuk datang ke masjid saja, lebih dari itu juga untuk memperkenalkan salah satu alat musik yang mempunyai ruh islami guna menambah daya kreatif anak-anak dalam melakukan kesenian," Kata Ustaz Husni yang merupakan salah satu staf pengajar di masjid At-Taqwa ketika ditemui disela-sela kegiatan mengajarnya(15/11/2019)

Beliau mengatakan pada awalnya kegiatan ini hanya sempalan semata agar anak-anak tidak bosan belajar ngaji terus-menerus, tetapi setelah terlihat banyak sekali respon positif dari orang tua anak-anak, maka akhirnya dibuatkanlah agenda khusus untuk belajar hadroh ini.

"Untuk kegiatan belajar hadroh ini, sudah ditetapkan waktu khusus untuk mempelajarinya, yaitu hari senin, rabu, dan juga jum'at. Jadi dalam satu minggu anak-anak tidak hanya belajar mengaji, tetapi juga belajar hadroh. Semua kegiatan baik mengaji maupun belajar hadroh dilaksanakan setelah selesai shalat magrib sampai pukul delapan malam," tutur Ustaz Husni. (Mohamad Ekky Rizki Dwi Putra/ KPI 3B)

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia