x
BREAKING NEWS

Minggu, 10 November 2019

Masjid Raya Buahbatu, Masjid Tertua di Bandung Selatan

Bandung, Dakwah Pos - Memasuki kawasan Margacinta tepatnya di Pasar Kordon, kita akan menemukan bangunan megah berupa masjid tepatnya di Jln. Margacinta No 09 Tugu Pasar Kordon Buahbatu Kota Bandung.
Ya, itulah masjid yang menjadi masjid tertua dan terbesar saat itu di Bandung Selatan yang diberi nama Masdjid Kaoem Boeahbatoe sekarang dikenal dengan nama Masjid Agung Buahbatu. Pembangunan masjid sendiri dimulai pada 10 November 1938 dan diresmikan 9 Juli 1939.
"Dulu nama masjid ini adalah Masdjid Kaoem Boeahbatoe. Sampai pada sekitar tahun 1988 dilakukan renovasi besar-besaran. Renovasi menghancurkan hampir keseluruhan bangunan masjid yang lama dan hanya menyisakan prasasti peresmian pembangunan awal saja," ujar seorang pengurus Dewan Keluarga Masjid (DKM) Masjid Raya Buahbatu, Sabtu(9/11/2019)
Semua data dari awal pembangunan masjid didokumentasikan dan terpahat pada sebuah lempeng batu marmer persegi yang sampai saat ini terpajang di teras masjid Agung Buahbatu Bandung.
Namun hal yang sangat disayangkan sekarang adalah sudah jarang sekali yang tahu tentang sejarah bangunan masjid ini, Bahkan semua bangunannya pun sekarang sudah tidak asli lagi, karena adanya renovasi besar besaran yang mulai dilakukan pada tahun 1988 oleh Bupati Bandung., yang tersisa dari sejarah Masjid Agung Buahbatu sampai dengan saat ini hanya tinggal batu marmer tersebut.

Reporter : Abdul Hasib Hudaya, KPI 3A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia