x
BREAKING NEWS

Minggu, 03 November 2019

Makmurkan Masjid Dengan Cara Unik

Oleh : Afifatus Solichah

Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan - kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran. 
Di Indonesia mayoritas penduduknya beragama Islam . Jadi banyak sekali masjid yang dapat kita temui. Salah satunya adalah Masjid Jami' Al-Anshari. Masjid berlantai 2 ini terletak di Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Mungkin sekilas jika kita melihat masjid ini terlihat kecil. Tetapi jangan hanya dilihat dari luarnya saja. Terbukti dengan banyak nya kegiatan yang dilakukan di masjid yang didirikan oleh salah satu guru besar Alm. Prof. Dr. Syamsuri ini.
Selain terdapat pengajian para lansia, dan juga TPQ untuk anak-anak. Masjid ini melakukan banyak sekali hal positif. Salah satu nya adalah pembagian makanan gratis setiap hari jumat setelah shalat jika dan subuh. Selain itu juga setiap hari senin dan kamis bagi yang berpuasa sunnah. Kegiatan ini dilakukan sejak tahun 2017 dan masih berjalan sampai sekarang. Menurut DKM yang bernama Atul bahwa dana awal yang digunakan untuk kegiatan tersebut berasal dari uang pribadi Alm. Prof. De. Syamsuri. Dan dana yang digunakan saat ini berasal dari kas bendahara dan sedekah dari para warga.
Ketika ditanya seputar hal yang mendorong kegiatan dakwah dengan menggunakan makanan ini, salah satu anggota DKM bernama Azet  mengungkapkan bahwa awalnya kegiatan ini dimulai setahun setelah masjid direnovasi pada 2016. Para DKM mulai melakukan kegiatan dakwah seperti diskusi keagamaan setelah shalat shubuh. Sehingga, lama kelamaan dakwah dengan membagikan makanan muncul. Mulai dari berbagi takjil pada bulan ramadhan, hingga setiap setelah shalat jumat dan shubuh. "kegiatan ini insya Allah termasuk dalam kegiatan dakwah. Karena, dakwah itu kegiatan yang di dalamnya bisa mengajak kepada hal positif dan membuat citra Islam semakin baik. Sehingga yang muslim semakin yakin dan bangga dengan keislamannya, dan semakin terdorong dalam melakukan ibadah" tutup Azet.
Dengan adanya dakwah seperti ini kita bisa membuat seseorang untuk datang ke masjid. Mungkin dari hal sepele hanya dengan membagikan makanan tetapi ini sangat berdampak kepada masyarakat agar lebih sering ke masjid. Mungkin hal ini dapat di contoh oleh masjid-masjod lain nya. Agar lebih banyak lagi orang yang mau datang serta shalat di masjid. Bukan hanya merenovasi masjid menjadi lebih bagus dan megah tapi kita juga harus memperhatikan masyarakat sekitar apa yang mereka butuhkan dan apa yang membuat mereka agar lebih sering datang ke masjid.

Afifatus Solichah, Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung 
Lampiran : 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia