x
BREAKING NEWS

Minggu, 24 November 2019

Kelas Akademi Relawan Bekali Calon Relawan dengan Materi Manajemen Kebencanaan

Dakwahpos.com, Bandung – Kelas Akademi Relawan kembali diadakan pada Ahad (17/11/19), kali ini Kelas Akademi Relawan mengangkat materi Manajemen Kebencanaan. Hal ini merupakan langkah awal menyiapkan relawan untuk terjun ke masyarakat,  sehingga kegiatan respon bencana dapat berjalan dengan baik.

 

Menurut Kiki, Kepala Program Kemanusiaan, "Setiap relawan yang akan turun ke lapangan harus mengetahui skill dan tugasnya masing-masing secara jelas, sehingga kegiatan respon bencana dapat berjalan dengan baik."

 

Setiap relawan kemanusiaan, khususnya yang bergerak dalam kegiatan kebencanaan tentunya harus memahami manajemen kebencanaan. Tanpa memahami itu, resiko bencana dikhawatirkan akan semakin tinggi dan respon bencana semakin lambat tersampaikan.

 

Manajemen kebencanaan terdiri dari Mitigasi Bencana atau serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, dan Respon Bencana (Tanggap Darurat, Transisi/Recovery, serta Rekonstruksi). Ujar Kiki, Kepala Program Kemanusiaan.

 

"Seorang relawan wajib memiliki surat tugas dari lembaga. Sehingga tidak semua orang dapat terjun ke daerah terdampak bencana untuk membantu para penyintas." Pungkas Kiki

 

Reporter: Darto, KPI 3/A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia