x
BREAKING NEWS

Sabtu, 19 Oktober 2019

Waspada Sebelum Terjadi

Oleh: Jean Rahmatunnisa
Waspada Sebelum Terjadi

Indonesia selalu di datangi dua musim, yang pertama musim kemarau dan yang kedua musim hujan. Keadaan saat ini di Indonesia sedang musim kemarau. Tak seperti biasanya, kemarau kali ini terbilang kemarau yang berkepanjangan.  

Pada musim kemarau ini banyak dampak yang dirasakan oleh rakyat Indonesia. Salah satu diantara dampaknya yaitu kekeringan. Banyak daerah-daerah yang mengalami kekeringan, kuranag nya air bersih, bahkan ada yang sampai tidak ada air. Mereka harus menunggu mobil yang mengantarkan air untuk mereka. Untuk mendapatkan air bersih juga mereka harus berdesak-desakan agar mendapatkan air bersih itu.

Tak hanya kekeringan saja, bahkan masyarakat banyak mengidap penyakit dehidrasi dikarenakan kurangnya pasokan air bersih. Para petani yang mendapatkan kerugian karena ladang-ladang mereka kekeringan sehingga tidak menghasilkan sayuran yang layak dijual. Hingga kemarau ini juga berefek pada perekonomian masyarakat yang menurun.

Kemarau kali ini juga menyebabkan kebakaran hutan dimana-mana. Karena kemarau maka sulit untuk memadamkan dengan cepat  hutan yang terbakar , butuh waktu yang panjang. Maka dengan terbakarnya hutan maka akan berefek juga pada polusi udara yang bisa membuat orang terkena penyakit.

Tak bisa dimungkiri bahwa semua itu menjadi keluhan masyarakat yang tak tahan dengan kemarau yang berkepanjangan ini. Masyarakat melakukan berbagai cara agar tidak terjadi kekeringan. Namun usaha mereka tak membuahkan hasil, kekringan masih melanda mereka.

Sebetulnya kemarau memang sudah menjadi hal biasa bagi masyarakat Indonesia. Maka seharusnya masyarakat selalu siaga terhadap musim kemarau, dengan cara mejaga air agar tetap bersih dan gunakan air secukupnya, agar ketika kemarau tiba maka masih ada air bersih. Sehingga dengan cara ini tidak akan ada lagi kekeringan, dan kurang nya air bersih.

Jean Rahmatunnisa, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia