x
BREAKING NEWS

Senin, 14 Oktober 2019

Waspada Hujan Dadakan di Musim Kemarau

Oleh: Fiky Yustika

Keseimbangan dua musim di negara-negara beriklim tropis begitu penting. Pasalnya jika salah satu musim berdurasi lebih lama dari musim lainnya akan sangat rentan terjadi bencana alam yang sangat berdampak pada keberlangsungan hidup manusia.

Musim kemarau panjang pada tahun ini sedikit banyaknya telah menyebabkan beberapa bencana alam yang terjadi di Indonesia, seperti Karhutla yang terjadi di sebagian wilayah Kalimantan dan Sumatra, ataupun bencana kekeringan yang terjadi di sejumlah wilayah pulau Jawa yang mengakibatkan para petani padi berhenti beraktivitas. Dengan terjadinya Karhutla dan kekringan di beberapa wilayah tersebut selain merugikan dari aspek ekonomi dan kesehatan merembet juga pada berkurangnya sumber makanan pokok seperti padi di sejumlah wilayah yang terdampak kekeringan.

Dalam menghadapi kemarau panjang yang sedang terjadi pada saat ini, alangkah baiknya kita bisa sebijak mungkin dalam menggunakan air untuk meminimalisir kekeringan, selain itu dianjurkan juga untuk tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan karena hal tersebut merupakan salah satu penyebab yang paling sering mengakibatkan terjadinya kebakaran.

Selain pengantisipasian terhadap musim kemarau panjang yang telah di prediksi BMKG hingga November mendatang, kita juga harus waspada akan datangnya hujan dadakan karena cuaca di tahun-tahun sekarang begitu sulit untuk diprediksi. Sudah semestinya pencegahan bencana yang akan terjadi di musim hujan dilakukan sejak dini, karena pada musim kemarau mengakibatkan banyak retakan retakan pada tanah, yang mana pada saat musim hujan tiba akan sangat rawan sekali terjadinya longsor. Antisipasi terhadap hujan dadakan tersebut telah dilaksanakan oleh Pemkot Bandung seperti pembersihan saluran air dan membangun beberap infrastruktur pencegah banjir mulai dari sumur resapan, drumpori, hingga kolam retensi. Diharapkan dengan dibangunnya infrastruktur pencegah banjir tersebut, dapat bermanfaat juga dalam menghadapi musim kemarau kedepan, dengan adanya sumur resapan maka akan cukup menampung banyak air sehinga bisa digunakan kembali untuk mengatasi masalah kekeringan pada saat kemarau panjang.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

(Tulisan pernah dimuat di Media Indonesia Tanggal 14 Oktober 2019 Dengan beberapa perubahan)

Lampiran:

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia