x
BREAKING NEWS

Selasa, 08 Oktober 2019

Warganet yang Pintar

Saat ini media sosial sangatlah berpengaruh, bahkan sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Semua kalangan dapat mengakses media sosial secara bebas sesuai dengan keinginannya. Namun terkadang masih saja ada pengguna yang menggunakan media sosial seenaknya, bahkan hingga menyinggung pengguna lain.

Ada banyak sekali konten yang dihadirkan media sosial untuk para penggunanya, yang mana para pengguna dapat berpartisipasi didalamnya, seperti mengeluarkan pendapat / berkomentar. Karena diberi kebebasan, kita sebagai salah satu pengguna media sosial harus bisa mengontrol diri ketika berkomentar. Ketika akan berkomentar sebaiknya memperhatikan beberapa aspek terlebih dahulu agar tidak melanggar batasan.

Ketika mendapatkan suatu informasi jangan langsung ditelan mentah-mentah, terkadang informasi tersebut masih memerlukan klarifikasi terlebih dahulu seperti keakuratan sumber informasi, benar adanya informasi dan hal lainnya. Jika sudah dipastikan akurasi dari sebuah  informasi, kemudian ingin mengomentari informasi tersebut, sebaiknya kita menyaring terlebih dahulu opini kita agar tidak berdampak buruk bagi pembuat informasi, pembaca informasi dan diri kita sendiri. Semua itu harus dipikirkan matang-matang. Kemudian jangan menilai suatu konten secara subjektif tetapi secara objektif juga. Tidak menyinggung, tidak menjatuhkan, tidak mengucilkan, dan lain sebagainya.

Kebebasan yang didapatkan dalam penggunaan media sosial sebaiknya dipergunakan sebaik mungkin oleh para pengguna terutama dalam memberikan komentar. Tetap memperhatikan hal-hal yang yang harus diwaspadai ketika berpendapat karena suatu konten yang diunggah pada dasarnya sudah menjadi milik seluruh pengguna media sosial. Pepatah mengatakan "diam adalah emas dan berbicara adalah berlian" begitupun dengan berkomentar, berkomentarlah bak berlian yang mana komentar itu berkualitas, terkendali, bermanfaat dan bertanggung jawab.


Nama : Najma Tasya Ilahy
Status : Mahasiswi
Alamat : Nuansa Junti Residence A.8 Des. Sangkanhurip Kec. Katapang Kab. Bandung
No. Telp : 087821483955

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia