x
BREAKING NEWS

Minggu, 20 Oktober 2019

Warga Siapkan Diri Hadapi Kemarau

Oleh : Adam Faza Gimnastiar

Indonesia adalah salah satu negara beriklim tropis, hal ini menjelaskan bahwa Indonesia memiliki dua musim tiap tahunnya, berbeda dengan negara-negara beriklim sub tropis layaknya Amerika, Jepang, dan Korea. Dua musim tersebut ialah musim hujan dan musim kemarau, biasanya kedua hal tersebut dapat diprediksi dengan mudah. Misalnya melalui gerak arah angina muson, ataupun dengan melihat bulan pada kalender. Sebagian orang percaya bahwasanya Maret-Agustus adalah musim kemarau, sedangkan September-Februari adalah musim hujan.

Namun, sudah memasuki bulan Oktober hujan tak kunjung turun. Memang sebagian daerah sudah mulai dituruni hujan, namun hal ini tampak aneh mengingat seharusnya bulan ini sudah masuk kedalam musim hujan, maka seharusnya intensitas hujan pun lebih besar dan lebih sering. Berbeda dengan kenyataanya sekarang, daerah seperti Bandung belum juga diguyur oleh air hujan.

Hal ini tentunya jadi lampu kuning untuk para warga yang mengandalkan sumber airnya dari sungai dan juga danau. Karena hujan yang tak kunjung turun ini, sumber air jelas akan semakin menipis dikarenakan kekeringan yang mengakibatkan air danau dan air sungai menjadi surut bahkan habis.

Maka dari itu, warga sudah seharusnya menyiapkan diri dalam menghadapi kemarau yang mungkin saja akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Warga bisa menghemat penggunaan air, ataupun membuat sumur galian pribadi sebagai pasokan air untuk menghindari kehabisan stok air danau dan sungai, selain itu juga warga bisa menggunakan mesin pompa air agar tidak bergantung pada pasokan air yang tidak jelas ketersediaanya.

Tapi, warga Bandung sudah dapat menghela nafas mereka mengingat pada hari Selasa (8/10/2019) hujan membasahi beberapa daerah seperti Kiaracondong, Cipadung, dan Setiabudi. Dan memang sudah beberapa hari ini Bandung kerap ditutupi oleh awan hitam yang menandakan akan hujan. Warga berharap mereka tak perlu bersusah payah memasok persediaan air mereka dengan mengambil dari mata air pegunungan, namun jika memang kemarau ini akan menjadi kemarau yang panjang, maka sudah menjadi kewajiban bahkan kebutuhan warga untuk menyediakan pasokan air dari mata airnya langsung.


Adam Faza Gimnastiar
Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam UIN SGD Bandung
Alamat : Permata Biru Blok T2. 118 RT. 7 RW. 29, Cimekar, Cileunyi, Kab. Bandung, Jawa Barat.
083822662210 (WA), adamfazag6@gmail.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia