x
BREAKING NEWS

Senin, 07 Oktober 2019

Wajah Baru, Bukan Semangat Baru Untuk DPR

Oleh: Addien Noerafiya Adha

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2019-2024 telah resmi dilantik dihadapan Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 Oktober 2019 di Gedung DPR, Senayan. Sebanyak 575 Anggota DPR yang dinyatakan sah dan menang oleh KPU pada pemilu serentak kemarin,  akhirnya telah resmi untuk bekerja sebagai wakil rakyat di parlemen. Di periode 2019-2024 ini, banyak sekali wajah-wajah baru yang menarik perhatian dan berjiwa muda menghiasi parlemen ini, tetapi apakah dengan wajah baru dan jiwa-jiwa baru itu adalah semangat baru untuk DPR dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat?

Hampir setengah anggota dewan di DPR RI adalah anggota-anggota yang berwajah baru. Tidak ketinggalan, artis-artis Ibukota yang juga dalam Pemilu kemarin dinyatakan menang oleh KPU ikut meramaikan dalam wajah-wajah baru di Senayan. Seperti penyanyi kondang Kridayanti dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Mulan Jameela dari Fraksi Partai Gerindra, Muhammad Farhan dari Fraksi Partai Demokrat, dan begitu juga Tommy Kurniawan dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Tidak hanya itu, dalam wajah-wajah baru di parlemen ini ada juga dari kalangan milenial yang terpilih, dengan itu publik pun beharap penuh kepada pemberharu senayan ini untuk bisa bekerja sesuai fungsinya dan tidak mengecewakan seperti anggota DPR sebelumnya.

Anggota-anggota DPR periode 2019-2024 mempunyai tugas banyak dan berat dalam menjalankan masa periodenya.  Ada hal lain seperti citra yang harus mereka bentuk dan bangun kembali untuk menarik publik percaya kepada anggota dewan periode 2019-2024 dalam menjalankan tugasnya. Selama periode kemarin, bahkan peiode-periode sebelumnya banyak sekali tingkah laku dan kinerja DPR yang membuat publik muak dan menyatakan tidak percaya terhadap kinerja dalam menjalankan tugasnya. Banyak sekali kasus korupsi yang menjerat anggota-anggota DPR yang menjadi salah satu penyebab publik muak terhadap anngota DPR dan menurunnya citra anggota DPR tersebut. Contohnya, kasus korupsi yang dilakukan oleh Mantan Ketua DPR RI periode 2014-2019 Setya Novanto, dengan kasus korupsi E-KTP yang cukup besar merugikan negara. Dan kasus-kasus lainpun seperti bolos ketika sidang, tertidur ketika sidang, dan sejuta kasus-kasus lainnya.

Kita belum tahu bagaimana kredibilitas wajah-wajah baru yang sekarang menduduki anggota dewan di Senayan. Apakah mereka layak untuk duduk di kursi DPR? Atau mereka layak hanya sebagai pajangan DPR saja? Kita tidak tahu mereka bisa membuat kepercayaan publik kembali ke anggota DPR. Banyak sekali permasalahan negara yang harus mereka benahi, mereka harus kerja dengan sepenuh hati dan ikhlas demi menjaga amanah dari rakyat yang telah memilihnya sebagai wakil dalam pemerintahan. Rakyat sudah muak dengan kelakuan oknum anggota DPR yang membuat rakyat kecewa dan sedih atas amanahnya yang tidak dipegang oleh anggota dewan tersebut.

Wajah baru bukanlah berarti semangat baru untuk DPR. Yang rakyat butuhkan saat ini adalah suara-suara mereka, keluhan-keluhan mereka dapat dilaksanakan dan ditepati oleh wakil-wakil rakyat tersebut, bukan semata-mata omongan manis saja ketika berkampanye. Memang, mungkin sebagian rakyat memilih wajah-wajah baru saat Pemilu kemarin mereka mempunyai harapan kepada wajah-wajah baru yang merka pilih agar tidak mengecewakan kembali seperti anggota-anggota dewan sebelumnya, akan tetapi dengan adanya wajah baru bukan berarti DPR mempunyai semangat baru untuk perubahan, bisa saja kinerja anggota dewan baru sekarang lebih banyak masalah dalam menjalan tugasnya, ataupun lainnya yang membuat rakyat kembali kecewa, kita tidak tahu. Untuk itu sebaai masyarakat biasa, yang harus kita lakukan adalah mengawal kinerja anggota dewan yang bekerja. Kita sebagai masyarakat yang telah memilih mereka untuk duduk di Senayan mempunyai hak untuk menegur bagaimana kinerja mereka nanti, bukannya mereka sudah terpilih tetapi acuh kepada pemilihnya tersebut. Semoga diperiode 2019-2024 ada perubahan dalam tubuh anggota DPR.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Kp.Menes Mesjid RT 3/RW 4 Ds.Menes Kec.Menes Pandegelang-Banten
addiennoerafiya@gmail.com
(082114952961)

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia