x
BREAKING NEWS

Sabtu, 19 Oktober 2019

Trotoar Tidak Ramah Untuk Difabel

Oleh : Addien Noerafiya Adha

Trotoar sebagai tempat untuk berjalan kaki di muka umum saya pikir belum ramah untuk orang-orang difabel di Indonesia. Orang-orang difabel sebagai pengguna jalan dan trotoar juga mempunyai hak yang sama seperti orang lain, yaitu hak untuk jalan dam mempunyai fasilitas yang baik demi kelencaran berjalan.

Di Indonesia, masih banyak trotoar yang masih belum ramah fasilitasnya untuk orang-orang difabel. Trotoar di Indonesia khususnya di Kota Bandung sekarang saya tinggal, banyak sekali disalahgunakan sebagai tempat untuk berdagang oleh penjual kaki lima, tempat parkir kendaraan roda dua, dan yang paling parah bahakan sebagai jalan altenatif untuk dilalui oleh kendaraan beroda dua ketika jalanan yang sebenarnya jalan mengalami kemacetan. Sungguh miris memang dengan kejadian ini, yang seharusnya penikmat jalan khususnya untuk orang-orang difabel dapat nyaman  ketika berjalan kaki, tetapi hak-hak jalan mereka direnggut dan juga bisa membahayakan perjalanannya.

Atas kejadian ini, yang bagi saya cukup miris karena sayapun salah satu pengguna jalan trotorar. Saya berpesan untuk pemerintah bagaimana caranya harus bisa memenuhi hak-hak pengguna jalan di trotoar khususnya fasilitas-fasilitas trotoar diperbaiki agar trotoar di jalanan bisa ramah untuk dipakai orang-orang difabel. Perbaiki fasilitas trotoar dengan baik, perlebar trotoar yang sudah ada supaya pengguna jalan semakin nyaman, dan tidak lupa saya juga berpesan kepada pemerintah untuk menertibkan pedagang-pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar untuk direlokasi ke tempat yang nyaman dan strateis untuk mereka, dan juga menertibkan parkir-parkir liar yang menggunakan trotoar, dan terakhir berikan rambu larangan untuk kendaraan bermotor supaya tidak menguunakan troroar, serta pelakukan denda atau sanksi kepada pelanggar yang nakal. Dengan adanya ketegasan pemerintah, pengguna jalan di Indonesia akan senang dan mungkin bisa jadi bertambah, hal ini pun mengurangi angka kecelakaan di jalan tentunya.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Kp.Menes Mesjid RT 3/RW 4 Ds.Menes Kec.Menes Pandegelang-Banten
addiennoerafiya@gmail.com
(082114952961)

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia