Terciptanya Kekeluargaan Antara Masyarakat dan Kiyai di Mesjid Al - Abror

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Jami' Al - Abror yang ada di kawasan Pondok Pesantren Bustanul Wildan Cileunyi merupakan mesjid yang dibangun sekitar tahun 60an. Dan menjadi pusat kegiatan bagi santri maupun warga sekitar. Kegiatan yang biasanya dilaksanakan di masjid ini yaitu shalat berjamaah, pengajian, dll. 

Meskipun menjadi pusat kegiatan. Namun, kegiatan pengajian yang melibatkan wanita biasanya dilaksanakan di madrasah Darul Ulum. "Kalau diadakan di mesjid tidak akan semuanya, tapi dulu pernah semuanya diadakan di mesjid". Ujar Ustadz Henhen Kamis (01/11/2018).

Walaupun demikian, mesjid yang berada di lingkungan pesantren ini sangat membantu warga dalam mendapatkan ilmu keagamaan, karena dengan keadaan pesantren yang masih tradisional sehingga pengajian-pengajian yang di adakan di mesjid masih bisa di ikuti oleh masyarakat sekitar.

Dan juga biasanya keluarga/pimpinan langsung terjun ke masyarakat jika dilaksanakan kegiatan-kegiatan kegamaan yang melibatkan warga atau bahkan santrinya. 

Sehingga tidak ada batasan antara keluarga atau kiyai dengan masyarakat, maka terjalin kekeluargaan yang erat antara para pembesar agama dengan masyarakat awam.

Reporter : Nabila Virginisa/KPI/3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023