x
BREAKING NEWS

Sabtu, 19 Oktober 2019

Solusi Kemarau Panjang

Oleh : Hesti Kurnia Fatmah

Solusi Kemarau Panjang

Kemarau yang cukup panjang melanda beberapa daerah di Indonesia saat ini. Kekeringanpun menjadi masalahnya. Dari mulai sawah yang kian kering sampai air bersih yang sulit didapatkan. Sehingga aktivitas wargapun mulai terganggu dan banyak masyarakat kini merindukan turunnya hujan.

Turunnya hujan sangat dinanti karena untuk mengairi sawah-sawah  kering yang sama sekali tidak teraliri air yang menyebabkan para petani banyak yang gagal panen sehingga banyak kerugian yang dialami oleh petani. Tidak hanya itu air untuk keperluan minum dan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencucipun warga sulit untuk mencari dan mendapatkannya.

Tentunya kita sebagai seorang manusia tidak bisa hanya diam saja jika hujan tidak turun. Untuk mengatasi kekeringan yang disebabkan kemarau panjang kita tentu perlu untuk melakukan sesuatu gerakan yang dapat meminimalisir hal tersebut. Sebagaimana yang terjadi di daerah Kotayasa, Banyumas, Jawa Tengah dimana daerah tersebut beberapa tahun menjadi daerah yang selalu kekurangan air bersih namun akhirnya warga sekitar membuat sebuah inovasi cerdas anti krisis air bersih yang tentunya ramah lingkungan, tanpa listrik dan tanpa alat canggih yang menguras biaya.

Hal-hal semacam ini tentunya harus terus didukung oleh kita dan tentunya oleh pemerintah sebagai salah satu harapan masyarakat ketika masalah kemarau ini terjadi. Pemerintah juga harus terus memberikan pasokan air bersih kepada warga yang mengalami kemarau panjang sehingga kesulitan dalam mendapatkan pasokan air bersih ini tidak akan terjadi.  

Pemerintah juga harus punya solusi yang lebih meyakinkan untuk masyarakat agar tetap merasakan derasnya air meskipun hujan tidak turun, agar aktivitas masyarakat tidak terganggu dan kegiatan ekonomi, pendidikan dan yang lainnya bisa tetap berlangsung.

Kita sebagai masyarakat harus senantiasa punya inovasi-inovasi yang bisa mengatasi masalah kita sendiri. Tentunya juga dengan dukungan dari pemerintah sehingga kita dapat terus merasakan kesejahteraan meski kemarau panjang sekalipun. Kitapun harus senantiasa berdoa kepada Tuhan agar kemarau yang panjang ini bisa cepat berlalu dan bisa diberikan hujan deras yang bermanfaat  dan berkah.

Penulis, Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia