x
BREAKING NEWS

Sabtu, 19 Oktober 2019

Solusi Diri untuk Musim Kemarau Berkepanjangan

Oleh : Anisa Afiah 

Negara Indonesia termasuk ke dalam negara yang beriklim tropis. Dimana Indonesia mempunyai dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Seperti yang kita ketahui bahwasanya  musim hujan di Indonesia biasanya terjadi pada periode bulan  terakhir dalam setahun.


Pada awal Maret 2019 lalu, BMKG telah merilis bahwa awal musim kemarau di Indonesia akan terjadi mulai bulan April 2019. Menurut data dari BMKG yang dijelaskan  oleh kepala BMKG, Prof Dr Dwikorita Karnawati,M.Sc, Indonesia memiliki 342 Zona Musim (ZOM), dan awal musim hujan 2019/2020 diprediksi akan mulai pada bulan Oktober hingga Desember 2019.

Dalam musim kemarau yang berkepanjangan inilah banyak hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita itu terjadi, seperti kekeringan tanah, kekurangan air bersih, tumbuhan dan hewan mati karena kekurangan pangannya, bahkan bisa saja berpengaruh terhadap kekebalan dan kesehatan manusia itu sendiri , dan masih banyak lagi efek dari kemarau panjang ini.

Namun, jangan berkecil hati, ada sepuluh hal yang bisa dilakukan oleh manusia untuk menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan ini, di antaranya adalah perbanyak minum air putih karena air adalah bagian terpenting untuk tubuh manusia, Hindari keluar ruangan di saat matahari sedang terik-teriknya antara jam 11.00 – 13.00 siang hari. Kemudian pakai tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahri. Ketika keluar dari ruangan, usahakan memakai baju yang berbahan kain yang bisa menyerap keringat dan lembut. Pertahankan pohon-pohon yang ada di sekitar kita demi terjaganya keseimbangan. Dan yang terakhir hindari hal-hal yang memicu kebakaran, pergunakan api dengan baik dan hati-hati.

Sekiranya hanya itu saja solusi untuk diri sendiri dalam menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan ini. Semoga hujan segera turun agar mendatangkan banyak keberkahan di dalam kehidupan dunia ini.

Anisa Afiah. Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tulisan ini Pernah dimuat di Media Indonesia pada tanggal 11 Oktober 2019 dengan beberapa perubahan. 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia