x
BREAKING NEWS

Senin, 21 Oktober 2019

Siapa Yang Harus Disalahkan

Oleh Devi Ulfah Sopiah

Kebakaran Hutan kembali lagi terjadi, di berbagai wilayah nusantara dari mulai Riau, Kalimantan, Jambi dan lainnya, seolah ini sudah menjadi rutinitas setiap tahun di Indonesia, selalu saja merenggut nyawa siapa saja yang ada, mulai dari manusia, hewan, dan alam hijau kita tentunya. Paru paru manusia yang tinggal disana mulai tidak sehat, juga paru paru alam yang sudah terbakar lebih dahulu. Pepohonan. 


Ribuan masyarakat sudah mulai terkena dampaknya, rumah sakit sudah seperti pasar malam yang penuh tiada hentinya, akibat Asap yang mengganggu menjadikan ISPA "trend" di sekitaran sana, berbagai aktivitas terganggu karena jarak pandang yang tidak jelas, sekolah di liburkan, ribuan hektar terbakar sudah, habis dilahap oleh api yang seolah marah pada kita. Marah ? kenapa ? pasti karena ada salah. Lalu siapa yang bersalah disini ?

Kemarin kita mendengar perkataan salah seorang ustadz bahwa kebakaran itu sudah takdir dari Tuhan, lalu para netizen marah, bukan karena pernyataan nya yang salah tapi karena bukan itu yang ingin mereka dengar, mereka ingin aksi nyata dan pembaharuan agar alam kita selalu terjaga, ada antisipasi dan ada bukti untuk meredam hutan kita yang sedang sekarat ini.

Pasti lah jelas bahwa itu takdir Tuhan, tapi pasti Tuhan pun menakdirkan siapa dan apa yang menjadikan penyebab atas itu semua, dan pernyataan itulah yang ingin masyarakat dengar, POLRI telah menangkap ratusan orang dan berbagai korporasi atas kejadian ini, Presiden pun dalam rapat terbaru nya seolah menyalahkan para pemerintah daerah karena perangkat daerah tidak bekerja sama dengan baik untuk mengantisipasi kebakaran ini.

Siapapun yang menjadi penyebab atas terjadi nya kebakaran ini haruslah di tindak tegas oleh negara, agar tidak ada lagi alam yang rusak hanya karena ego dan nafsu manusia, dampak nya bisa kita lihat sendiri pada masyarakat yang terganggu aktivitas dan kesehatan nya. Alam ini harus dijaga dan dilestarikan oleh siapa saja bukan nya dirusak dan dihilangkan oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab,

Kita pun bertanggung jawab untuk mengantisipasi hal hal buruk dan menjaga alam kita tercinta, setidak nya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak membakar sembarangan di area rawan apalagi sekarang sedang musim kemarau. Kita harus menjaga paru paru dunia yaitu alam seperti kita menjaga paru paru kita sendiri.


Penulis,

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Alamat : Jln. Manisi Gg. PLN Kec. Cibiru Bandung Jawa Barat

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia