x
BREAKING NEWS

Selasa, 08 Oktober 2019

SI HOAX PEMECAH BELAH BANGSA

Kampanye adalah suatu kegiatan dan usaha komunikasi. Untuk menciptakan kampanye yang damai dan bersih dari hoax itu merupakan suatu kegiatan yang sangat baik karena dapat menyatukan masyarakat, namun masalahnya adalah bagaimana cara merealisasikannya agar dapat terwujud. 

Yang patut disorot adalah dengan keadaan zaman sekarang yang khususnya untuk para paslon sepertinya mereka sudah mengetahui tentang etika berpolitik, peraturan berkampanye yang mana merekapun damai damai saja tidak ada masalah dengan paslon yang lain. Namun yang menjadi permasalahannya adalah masih  banyak sekali masyarakat yang kepedulian terhadap politiknya kurang yang kemudian dimanfaatkan oleh para penggerak partai politik itu untuk meyakinkan masyarakat supaya memilih calon dari partainya sendiri yangmungkin salah satunya dengan cara menjelek jelekan pasangan lawannya. Jadi salah satu solusi agar tercapainya kedamaian dalam berkampanye itu adalah dengan pencerdasan terhadap elemen elemen didalam partai politik agar elemen elemen partai tersebut tidak memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat untuk menjelek jelekan pasangan lawan. Lalu kita harus menuruti peraturan yang sudah dibuat oleh KPU misalnya di daerah yang kampaye bersama kampanye damai itu tidak boleh membawa atribut partai, jadi hanya orasi saja,

Dari situ tidak boleh baik dari tim sukses kampanye atau dari paslon bersama rengrengan membawa bendera partai membawa identitas partai atribut partai. Jika salah satunya melanggar aturan aka nada kecemburuan pada pasangan lain, jadi diusahakan tetap mentaati peraturan yang dibuat oleh KPU.

Sedangkan untuk bersih dari hoax sendiri kita sebagai masyarakt usahakan melihat dulu kredibilitas dari suatu berita kampanye/ dari suatu statement kampanye. Cari terlebih dahulu sumbernya agar mengetahui kebenarannya dan tidak termakan oleh hoax. Seharusnya kpu membuat regulasi tentang seseorang yang menyebarkan hoax tentang kampanye, menyebarkan berita yang tidak benar. Maka dari itu kembali lagi pada masyarakat agar bisa lebih cerdas lagi dalam memilah informasi.

Intinya dimulai dari diri pribadi terlebih dahulu, harus memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi agar walaupun berbeda dalam pandangan politik, dalam pilihan paslon, walaupun berbeda tapi tetap menghargai calon lain tetap menghargai kampanyenya, tidak mengolok olok. Semua harus meningkatkan integritas sebagai warga negara Indonesia.  

Nama : Najma Tasya Ilahy
Status : Mahasiswi
Alamat : Nuansa Junti Residence A.8 Des. Sangkanhurip Kec. Katapang Kab. Bandung
No. Telp : 087821483955

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia