x
BREAKING NEWS

Senin, 07 Oktober 2019

Problematika Mahasiswa Tingkat Akhir

Oleh : Anisa Afiah 


Mahasiswa semester akhir di sebuah universitas identik dengan kegalauannya mengenai jenjang pendidikannya yang akan segera berakhir. Seringkali mahasiswa ketika lulus bingung dalam mencari pekerjaan yang tepat dengan jurusannya. Dari yang membuatnya sering tidak makan, sering tidak tidur, atau bahkan kebalikannya. Banyak faktor yang membuat mahasiswa semester akhir mengalami kegalauan dan keresahan.

Skripsi, untuk menyelesaikan sebuah skripsi yang baik dibutuhkan waktu , tenaga, dan sumber referensi yang memadai. Namun, terkadang ada saja hal-hal  diluar ekspektasi seorang mahasiswa yang menghambat proses penyelesaian skripsi tersebut. Salah satunya adalah ketika penelitian untuk skripsi belum mencapai titik terangnya atau ada hal yang keliru dalam proses penelitiannya yang  membuat bingung seorang mahasiswa untuk menyelesaikan penelitian tersebut.

 Dan juga faktor dari dosen pembimbing yang susah dihubungi untuk berkonsultasi dengan alasan sedang ke luar kota atau sedang tidak bisa ditemui. Hal tersebut menjadikan semangat mahasiswa justru menurun untuk segera menyelesaikan skripsinya. Namun, ada pula yang beruntung mendapatkan dosen pembimbing yang enak diajak berkonsultasi dan juga selalu mendampingi mahasiswa tersebut ketika dalam kebingungan atau kebuntuan.

Ada beberapa macam tipe mahasiswa, di antaranya ada yang memprioritaskan akademisnya ada pula yang lebih memprioritaskan non akademisnya. Bagi mereka yang lebih condong kepada nilai akademisnya ia pasti mengoptimalkan usahanya untuk segera menyelesaikan tugas akhirnya. Lain hal nya dengan orang yang lebih condong kepada nilai non akademisnya, ia mungkin lebih mengutamakan pengalamannya di luar kampus.

Namun, terlepas dari faktor-faktor penghambat di atas, menurut saya ada hal yang lebih penting yaitu tentang proses perjalanan di mana kita sebagai mahasiswa semester akhir mengusahakan semaksimal mungkin agar mencapai titik yang dituju dengan cara yang baik dan jujur agar mendapat ridha Allah SWT.


Anisa Afiah, Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia