Pengajian Rutin Kitab Fathul Qoribul Mujib

Dakwahpos.com Bandung-Pengajian rutin kitab Fathul Qoribul Mujib  dimasjid Ar-Rahman dilaksanakan setiap senin malam (21/10/19). Pengajian diikuti oleh seluruh mahasantri dari mulai angkatan 2016 sampai dengan angkatan 2019. Tidak seperti hari biasanya yang setiap angkatan dipisahkan ketika mengaji pada malam senin semua mahasantri dikumpulkan dilantai dua masjid ar-Rahman untuk mengkaji kitab Fathul Qoribul Mujib.

    Metode pembelajaran yang digunakan terbilang modern dikarenakan penggunaan proyektor untuk menampilkan isi kitab Fathul Qoribul Mujib sehingga membantu dan memudahkan para mahasantri yang belum memiliki kitab tersebut. Dr. Toto Suprianto, M.Ag selaku tenaga pengajarkan mengatakan "hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasantri dalam membaca dan memahami kitab kuning".

    Selain mengkaji kitab kitab kuning, di masjid ar-Rahman juga mendalami ilmu nahwu dan sorof namun dengan metode yang berbeda mahasantri disediakan kitab pegangan Al-Miftah yang digunakan juga di pondok pesanten Sidogiri. Sistem pembelajaran yang cenderung mempermudah mengingat dengan menjadikannya nadham al-miftah.


Penulis: Neng Devi Azizah/KPI 3 C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023