x
BREAKING NEWS

Rabu, 16 Oktober 2019

Pembangun Masjid Al-alif Capai Tahap Optimal

Dakwahpos.com, Bandung - Ketua DKM Al-alif Cisurupan, H. Toto menyatakan, Masjid Al-alif sudah mencapai tahap pembangunan yang optimal. ditandai dengan sarana dan prasarana yang sudah terpenuhi sejak beberapa tahun terakhir. Rabu (19/9). 

Di atas tanah yang dulunya merupakan sebuah kolam ikan (balong) milik warga setempat, kini beralih fungsi menjadi sebuah tempat beribadah. Hal ini atas dasar inisiatif warga yang mengusulkan dibangunnya sebuah tempat beribadah yang letaknya strategis. yaitu berada di tepi jalan utama dan jalan desa. Dalam proses pembangunannya, ketua DKM Al-Alif mengatakan "masjid ini mengalami 3 kali tahap pembangunan ".

Pada tahap awal pembangunan, masjid yang letaknya berada di tepi jalan utama ini masih berlantaikan papan, belum berlantaikan keramik seperti bangunan pada umumnya. "Juga karena ukurannya yang sangat kecil, tempat tersebut belum bisa disebut sebagai mesjid, penyebutannya masih sebatas tajuk/ musala, sehingga tempat tersebut belum dapat digunakan untuk melaksanakan salat Jumat," tambahnya. 

Seiring berjalannya waktu, pembangunan dan perenovasian masjid kembali dilakukan. Pada tahap ini masjid mengalami perombakan yang signifikan. Sehingga, dapat terlihat bangunan yang sudah dapat dikatakan sebagai sebuah masjid. "sebab pada tahap ini merupakan tahap pembangunan sekaligus tahap pengesahan didirikannya masjid ini oleh pendirinya yang bernama Azis Syarif dan rekan, di atas sebuah tanah wakaf milik Mayjen Drs. Soewito Haryono dan H. Sambas," jelasnya.

Menurut Ketua DKM Al-alif, proses perenovasian mesjid pada tahap ketiga sudah pada tahap optimal. yakni ditandai dengan beberapa pembaharuan seperti : dibangun dan dipergunakannya lantai 2 mesjid ini sebagai lembaga pendidikan Al Qur'an Jenjang Taman kanak-kanak. Juga kelengkapan beberapa fasilitas yang sudah berfungsi dengan baik, diantaranya; ruang kantor DKM, 2 ruang toilet, area tempat wudhu, area bermain TK, ruang belajar TK, dan ruang utama masjid sebagai tempat salat. "Di masa mendatang jika biaya infaq sudah memumpuni, pembaharuan masjid akan terus di pantau dalam aspek pembaharuan fasilitas yang sudah ada sebelumya. Sehingga kedepannya semakin bertambah maksimal, juga agar jamaah nyaman beribadah di tempat ini," Tuturnya. 

Reporter : Rantika Anggraeni

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia