x
BREAKING NEWS

Senin, 21 Oktober 2019

Mengantisipasi Candu Handphone Terhadap Anak

Oleh : Abdul Hasib Hudaya


Tidak bisa disangkal lagi di jaman era modern ini gadget tidakbisa terlepas dari gadget berupa handphone, kini bukan hanya alat komunikasi melainkan telah berkembang menjadi alat multifungsi seperti guntuk game, petunjuk arah, alat pembayaran bahkan usaha seakan akan semua pekerjaan dapat dilakukan oleh handphone

Lantas yang dikhawatirkan dari handphone ini tentunya bagi anak-anak yang tidak bisa lepas dari handphone, Jika didiamkan tentu akan menjadi dakmapk buruk bagi anak-anak jika sampai candu terhadap handphone tersebut dan sudah terbukti ada ratusan anak di Jawa Barat yang mengalami kecanduan game online di handphone dan harus dibawa ke Rumah Sakit Jiwa, lantas apa saja yang harus dilakukan supaya sang anak tidak kecanduan handphone?

Peran orang tua sangat penting dalam mengawasi anak-anak dan setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan, yang pertama adalah waktu. Orang tua harus tegas ketika memberikan handphone kepada sang anak misalkan satu jam sehari-nya atau hanya memberikan handphone ketika weekend saja.
Yang kedua yaitu konten, sang anak harus diperhatikan ketika memilih konten video yang ditonton maupun game yang dimainkan. Jangan sampai sang anak bebas memilih  konten dalam handphone sehingga mereka dapat memainkan game yang mengandung kekerasan dan tidak menonton video yang tidak senonoh untuk usianya.

Dan yang terakhir yaitu ketegasan orang tua, ketika sang anak merengek bahkan sampai menangis meminta handphone alangkah baiknya orang tua dengan tegas tidak memberikan hanphone sesuai perjanjian orang tua dan sang anak karena masa depan sang anak masih panjang dan alangkah baiknya orang tua mendidik sang anak dengan mengawasi anak bermain gadget demi masa depan anak dan demi masa depan anak.

Abdul Hasib Hudaya,Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung


Virus-free. www.avast.com

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia