x
BREAKING NEWS

Senin, 21 Oktober 2019

Layanan Kesehatan Buruk Sebabkan Masyarakat Kecewa

Tak bisa dipungkiri bahwa pelayanan publik di Indonesia masih kurang baik. Salah satu contoh kongkritnya yakni pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS. Banyak sekali masyarakat yang mengeluh perihal masalah ini seperti antrian yang teramat lama, petugas rumah sakit dan dokter yang acuh, dan banyaknya rumah sakit yang menolak pasien rujukan dengan alasan kamar penuh. Meskipun hal tersebut bukan sepenuhnya salah pihak rumah sakit.

Tetapi yang jelas, pelayanan yang kurang baik tersebut membuat pasien sangat tidak nyaman, akibatnya mereka menjadi tidak tertib dalam membayar iuran. Ketidaktertiban tersebut membuat besaran iuran menjadi underpriced. Hal ini pula yang membuat BPJS mengalami defisit. 

Jika pihak BPJS ingin membereskan masalah ketidakstabilan seperti defisit ini, perbaikilah sistem pelayanan terlebih dahulu. Karena, bagaimana masyarakat mau tertib dalam membayar iuran jika pelayanan kesehatan yang mereka dapatkan jauh dari kata layak. Berapa banyak orang sakit yang enggan berobat ke rumah sakit karena pelayanan yang mereka terima sungguh mengecewakan. Maka dari itu, sangat penting bagi JKN, BPJS dan lembaga terkait untuk senantiasa memperbaiki sistem layanan kesehatannya.

Fariz Yusran
Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia