Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

Rabu, 09 Oktober 2019 | Oktober 09, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-10-10T05:57:05Z

Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

Indonesia sebagai negara ke-2 penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia, sampah plastik merupakan sampah yang sangat sulit terurai. membutuhkan waktu 1000 tahun untuk sampah plastik bisa terurai. Seperti yang kita ketahui sampah plastik banyak sekali digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

 Penggunaan perharinya bisa sampai jutaan sampah yang dihasilkan, sedangkan pengelolaannya membutuhkan waktu lama. Sadari sedari dini bahwa sampah plastik akan merusak ekologi bumi kita. Sudah banyak sekali hewan-hewan dilaut yang mati karena memakan sampah-sampah yang mengambang dilautan. Maka populasi hewan laut akan semakin menurun seiring berjalannya waktu. 

Oleh karena itu mari kita sama-sama kurangi penggunaan sampah plastik,dari yang mudah terlebih dahulu membiasakan untuk tidak menggunakan kantong kresek misalnya atau membawa botol minum ketika akan berpergiaan, mendaur ulang sampah menjadi kreasi baru dan masih banyak lagi . Hal kecil yang bisa berdampak besar untuk bumi ini. Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi? Alam yang seharusnya kita jaga sebagai warisan untuk generasi kita dimasa depan. 

Pemerintah seharusnya bisa mengelola sampah hingga tumbuh kesadaran masing-masing di masyarakat. Dan tentu memfasilitasi pengelolaannya seperti menyediakan tong sampah organik dan non organik yang layak. Sehingga selain lingkukan bersih masyarakat bisa menggunakan sampah tersebut untuk di daur ulang dan dijadikan pupuk bagi tanaman. 

Masih banyak yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik asalkan ada kesadaran terlebih dahulu didalam diri masing-masing dan peran aktif pemerintah sangat dibutuhkan agar masyarakat menyadari bahwa penggunaan sampah plastik berdampak buruk bukan hanya untuk indonesia tetapi untuk dunia, Bumi kita. 


Annisa Zahra Salsabila
Mahasiwa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN SGD Bandung. 


×
Berita Terbaru Update