x
BREAKING NEWS

Selasa, 08 Oktober 2019

Keutamaan Shubuh Menurut Imam Nawawi

Subuh merupakan waktu sholat yang dilaksanakan pada pagi hari sebelum matahari muncul. Dimana umat muslim diwajibkan melaksanakannya dengan begitu banyak manfaat didalamnya. Selain itu subuh dapat membangkitkan semangat untuk kita memulai beraktifitas.
Menurut ust. Imam Nawawi, Ada lima keutamaan yang bisa diambil pada saat shubuh hari, Ujarnya. Yaitu pertama, bisa meluangkan waktu untuk membuat planning (rencana) Pernah nggak kita berangkat sekolah atau kuliah dengan hati yang kurang mood ?. Mengapa itu terjadi ya karena masih kurang tersusunnya rencana apa yang akan kita lakukan hari ini.
Kedua, antusias yang tinggi Kalau kita sudah bisa nyusun rencana,  pasti  kita akan sangat antusias dalam menjalankan tugas utama kita, entah sebagai pelajar, karyawan, pengusaha, dan lain sebagainya.

Ketiga, masih ada waktu untuk olahraga ringan.Kalau jarak kita dengan sekolah atau tempat tidak terlalu jauh, maka bangun lebih dini masih memungkinkan kita olahraga ringan. Seperti jalan-jalan, atau pun lari-lari kecil. Apalagi, kalau yang rumahnya agak jauh dari masjid, sudah pasti ibadahnya disertai olahraga, asalkan mau jalan kaki.

Keempat, selamat dari ketergesa-gesaan. Jika tiga hal di atas saja bisa kita lakukan, maka alasan apalagi yang bisa membuatmu melakukan sesuatu dengan terburu-buru? Tidak ada lagi bukan! Jadi, bangun lebih dini membuat ritme hidupmu teratur dan efektif.
Kelima, masih bisa membaca Al-Qur'an. Mengapa banyak orang yang belum bisa konsisten membaca Al-Qur'an? Satu di antara jawaban yang ada, mungkin shalat Subuhnya ketinggalan, sehingga semua serba buru-buru. Nah, kalau sudah buru-buru, jangankan baca Al-Qur'an, peralatan yang diperlukan dan mestinya dibawa saja bisa ketinggalan.

Nah, itulah sebagian dari manfaat langsung kita bangun lebih dini. Jadi, jangan sampai nggak  shalat Shubuh, hanya karena tidak mau bangun lebih dini. Siapkan semuanya lebih awal agar tidak adanya penyesalan ketika hari akan berganti kembali.


Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia