x
BREAKING NEWS

Senin, 21 Oktober 2019

Kemarau Tahun Ini

                               Kemarau Tahun Ini
Indonesia sedang dilanda musim kemarau yang sangat panjang, musim kemarau sangat umum terjadi di iklim tropis seperti negara Indonesia ini yang hanya mempunyai dua musim yaiitu musim kemarau dan musim hujan. 

Di tahun ini musim kemarau terjadi sangat panjang seperti yang kita ketahui musim kemarau umum terjadi pada bulan maret hingga bulan september tetapi di tahun ini musim kemarau terasa lebih panas dan lebih panjang dari biasanya. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan awal musim hujan akan jatuh pada awal bulan November hingga awal bulan Desember. Untuk itu daerah yang beresiko tinggi mengalami kebakaran lahan atau hutan harus tetap waspada, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di kawasan pegunungan Jateng dan sekitarnya. 
Selain itu dampak kemarau menyebabkan kurangnya air bersih. biasanya, beberapa wilayah mengalami kekeringan dan menyebabkan sumur-sumur kering sehingga warga sulit untuk mendapatkan air bersih.
 Oleh karena itu kita harus menghemat penggunaan air dan pemerintah harus memperhatikan daerah-daerah yang kekurangan air bersih.

Dengan begitu, akan terbentuknya antisipasi atau tahapan pra bencana terhadap terjadinya berbagai kemungkitan sebagai akibat yang timbul dari musim kemarau ini. Semua lapisan masyarakat ataupun elemennya harus mengambil responsibility yang sama-sama besar dalam menjaga, melindungi dan mengantisipasi agar tidak terjadi bencana yang diinginkan. Jika adanya kesatuan yang kuat antar semua lapisan masyarkat, dampak negatif sebagai akibat dari terjadinya musim kemarau pun dapat terkurangi.



Annisa Zahra Salsabila
Mahasiswi jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN SGD Bandung
Kp.Randukurung RT/RW 001/005 Ds. Limbangan Tengah Kab. Garut, Jawabarat

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia