x
BREAKING NEWS

Selasa, 08 Oktober 2019

Kegiatan Bermanfaat di Masjid Al Ijtihad


Dakwaspos.com, Bandung-Berbagai kegiatan yang dilakukan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al ijtihad dari dulu sampai sekarang sudah menjadi suatu keharusan bagi masyarakat sekitar.  Oleh karena itu, disetiap akhir tahun DKM Al Ijtihad selalu memperbaiki setiap kegiatan yang sering dilakukan di Masjid Al Ijtihad yang bertujuan agar kegiatan disana tetap terjaga dengan baik.

Kegiatan-kegiatan yang memang sudah biasa dilakukan yaitu, Pengajian rutin Ibu-Ibu yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis yang di Pandu oleh Ibu Yuyu, salah satu  Tokoh Masyarakat sekitar. Adapula pengajian anak-anak yang sering dilakukan setelah menunaikan Shalat Magrib. Kalangan anak-anak tersebut biasanya dari mulai Tingkat TK sampai Tingkat Menengah Atas dan di bombing oleh Dua orang Mahaiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kegiatan lainnya adalah Istighosah dan Yasinan setiap Malam Jum'at setelah Menunaikan Shalat Magrib juga Shalat Jum'at yang dilaksanakan oleh Bapak-bapak.
Setiap kegiatan yang dilakukan pasti  mempunyai tujuannya masing-masing. Begitupun halnya seperti kegiatan yang dilakukan di oleh DKM Al Ijtihad memiliki tujuan tersendiri. Tujuan dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh DKM Al Ijtihad yaitu, pertama sebagai ajang Silaturahim antar Masyarakat. Di zaman Milenial ini banyak sekali Masyarakat yang kurang akan kesadaran terhadap Tempat Peribadahannya sendiri, terutama Masjid. Untuk itu, dengan adanya kegiatan yang di lakukan oleh DKM Al Ijtihad dapat memberi kesadaran akan pentingnya Menjaga dan Melestarikan apa yang menjadi suatu kewajiban kita sebagai umat Islam, yaitu Memakmurkan Mejid. Tujuan di adakannya pengajian adalah untuk memperkuat keimanan Masyarakat dalam menghadapi perkembangan zaman. Juga membentuk karakter anak yang tidak terpengaruh oleh perkembangan zaman atau perkembangan perilaku anak yang semakin memburuk.
Dari tujuan dan harapan DKM Al ijtihad dan Masyarakat dalam melakukan kegiatan disana sangatlah terasa bermanfaat. Seperti halnya banyak anak-anak diluar sana ketika malam tiba mereka hanya berkumpul tanpa tujuan yang jelas, namun anak-anak disekitar Masjid Al Ijtihad berkumpul di Masjid untuk mempelajari ilmu agama. Manfaat lainnya juga ditengah kesibukan masyarakat, mereka tetap ingin mengikuti setiap rangkaingan kegiatan yang akan lebih mempererta Tali Silaturahin antar Masyarakat sekitar.
Disisi lain dari kegiatan tersebut DKM Al Ijtihad juga membuat kotak saran yang bertujuan untuk memperbaiki setiap kegiatan yang telah dilakukan ataupun untuk tercapainya setiap harapan masyarakat selanjutnya. Banyak masyarakat yang sangat antusias dalam menjada kegiatan tersebut. Sehingga dalam tujuan dan pencapaian yang diinginkan tersebut sangat sinkron, karena banyaknya dukungan penuh dari masyarakat. 






Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia