x
BREAKING NEWS

Senin, 21 Oktober 2019

Keamanan Menjelang Pelantikan Presiden Terkendali Namun Ada Kendala

"tiap-tiap malam menjelang pelantikan pun kami melaksakan patroli gabung dengan TNI" kata desty. Sebuah keamanan bagi perencanaan pelantikan yang memang sudah di rencanakan dari jauh-jauh hari memang sudah menajadi keharusan bagi setiap panitia atau penyelenggara. Saya akui keamanan ini sudah berjalan sejak banyak penyerangan-penyerangan, terutama sejak maraknya aksi demonstrasi dari kalangan mahasiswa dulu di depan gedung DPR Jakarta, sejak saat itu pihak semakin meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan untuk kedepannya agar tidak banyak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Keamanan semakin terkendali saat akan diadakannya pelantikan yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 oktober mendatang. Namun tak ada gading yang tak retak, setiap kebaikan pun pasti ada keburukannya, bahkan setiap kesucian pasti ada yang namanya kekotoran.

Perkendalian keamanan ini tak berjalan secara bersih, ada saja kendala yang menghawatirkan warga dan membuatnya gelisah. Ada saja yang menjadi bahan diskusi warga saat ia yang tak sependapat dengan kendala ini. Bahkan ada yang mungkin tertawa bahagia saat mendapati kabar duka yang beredar pada telinganya.

Penyerangan terhadap menteri koordinator politik, hukum, dan keamanan wiranto memunculkan kekhawatiran pada kekuatan yang dinilai ingin menggagalkan pelantikan pasangan joko Widodo dan ma'ruf amin sebagai presiden dan wakil presiden. Padahal masing-masing sudah memiliki kewajibannya dalam bertugas, semua keamanan yang berhubungan dengan hal ini bagi saya berbeda tujuan dengan di rencanakannya pelantikan yang memang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari.

Jadi, tak ada kekhawatiran untuk berjalannya pelantikan yang telah direncanakan diluar kejadian yang terjadi. Setiap bagian memiliki tanggung jawabnya masing-masing dan keamanan yang disediakan.

Sudah saatnya pelantikan yang sejak dulu direncanakan ini dilaksanakan, jadi keamanan yang mungkin berkendala dapat diperbaiki dan dibenahi agar lebih waspada dan tak tembus dengan kendala untuk kedua kalinya. Berjalannya pelantikan harus sesuai dengan rencana, tak ada perubahan hanya karena kendala yang berbeda jua.

Andri Willy

Mahasiswa KPI UIN Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia