x
BREAKING NEWS

Selasa, 15 Oktober 2019

Karhutla, Tanggung Jawab Siapa

Oleh: Dwiky Hidayat

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda beberapa kota besar di Riau maupun provinsi sekitarnya seperti Jambi dan Sumatera Selatan, menimbulkan bencana kabut asap. Bukan hanya aktivitas warga terganggu, kesehatan bahkan nyawa menjadi taruhannya.

Sungguh sangat memprihatinkan puluhan ribu hektar hangus terbakar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Harus ada hukuman dan penindakan secara tegas dan seberat-beratnya dan tidak main-main pada pelaku pembakaran, karena sudah merepotkan seluruh aparat dan merusak citra Indonesia dan nama bangsa di negara tetangga.

Kita apresiasi kontribusi aparat yang ikut membantu dalam mengatasi kebakaran ini. Tapi sesungguhnya, kapasitas mereka bukan untuk hal ini. Bisa jadi mereka tidak dibekali kemampuan dan peralatan yang standar untuk menghentikan kebakaran.

Hal utama untuk menangani karhutla seperti ini hanya "mencegahnya" agar tidak terjadi lagi. Siapa yang akan mencegahnya? Kita semua harus sama-sama menjaga, karena ini adalah negara kita bersama dan harus kita jaga bersama. Semoga menjadi yang terakhir dan situasi di Riau saat ini cepat membaik.

Tidak perlu lagi saling menyalahkan tapi saling introspeksi diri, warga masyarakat, pengelola lahan, pemerintah dan kita semua untuk Indonesia.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung  

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia