x
BREAKING NEWS

Sabtu, 19 Oktober 2019

Hadapi Kemarau Panjang di Musim Penghujan

Kemarau panjang telah kita alami beberapa minggu kebelakang, hujan yang turun belum merata di semua daerah, curah hujan pun terbilang masih sedikit, hanya sekali dalam dua pekan atau bahkan satu kali dalam satu bulan. Curah hujan yang rendah ini mengakibatkan masyarakat khawatir akan terjadinya kekeringan.

Air merupakan penyeimbang kemarau panjang dan cuaca panas seperti yang dialami saat ini. Selain itu, air juga merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi makhluk hidup, terutama manusia. Air dibutuhkan  manusia untuk minum, mandi, membersihkan perabotan rumah, dan lain sebagainya. Sementara itu, tetumbuhan pun butuh air untuk teteap bisa berfotosintesis dan mempertahankan hidupnya

Untuk menghadapi kemarau ekstrim ini kita perlu menjaga kesehatan dengan ekstra, karena dengan sehat kita bisa melakukan aktivitas yang produktif. Selain itu, kita juga harus bisa mengatur pengeluaran air agar tidak boros.

Ada beberapa langkah yang kita bisa lakukan untuk menghadapi kemarau panjang ini. Pertama, perbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Kedua, hindari keluar rumah saat matahari terik agar kulit tidak terbakar. Ketiga, gunakan baju yang tidak terlalu tebal agar tidak kepanasan. Keempat, kita gunakan air untuk kebutuhan seperti mandi, jangan lupa menutup keran setelah menggunakan air. Kelima, hindari hal yang memicu kebakaran rumah maupun lahan.

Hilma Kahfi Mughni
Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati  Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia