x
BREAKING NEWS

Senin, 21 Oktober 2019

Episode Kekeringan Masih Bersambung

Dari Aji Saputra,

Setiap musim kemarau tiba, selalu muncul masalah kekeringan yang berakibat krisis air bersih dan kerusakan lahan pertanian.
Kekeringan seolah menjadi penyakit tahunan yang selalu kambuh. Kekeringan dapat didefinisikan sebagai kurangnya persediaan air atau kelembapan yang bersifat sementara tetapi berdampak signifikan. Apabila kekeringan sudah mengganggu kehidupan masyarakat, kekeringan bisa dikatakan bencana.

Ketika kekeringan sudah menjadi bencana, pihak yang paling menderita ialah makhluk hidup.  Bayangkan saja, dampak terhadap sektor pertanian yang umumnya dilakukan para petani ketika kekeringan panjang terjadi. Mulai keringnya lahan, gagal panen, dan dampak parah lainnya. 

Kekeringan akan mengganggu ketersediaan pangan. Dampak lebih jauhnya lagi ialah gagalnya program pembangunan yang dirancangkan pemerintah.

Kebutuhan air untuk pertanian dan kehidupan sehari-hari adalah faktor utama untuk menunjang perekonomian, baik dalam wilayah lokal maupun nasional. 

Untuk itu, perlu upaya ampuh dan berkelanjutan mengatasi kekeringan ini. Pemerintah provinsi beserta walikota dan bupati sebagai pemegang kebijakan memanfaatkan sumber-sumber air agar terhindar bahaya kekeringan.

Mengoptimalkan sumber-sumber air untuk berbagai kebutuhan, terus menggencarkan gerakan pemanfaatan air dan sumbernya secara efisien dan efektif. 

Upaya itu mesti dipayungi peraturan dan sanksi keras bagi pelanggar. Jangan lagi mengorbankan kawasan-kawasan yang bermanfaat menyimpan air hanya untuk kepentingan ekonomi pribadi atau kelompok tertentu.

Eksploitasi sumber mata air dan air tanah yang berlebihan tanpa kontrol untuk air kemasan dan industri. 
Bila kondisi ini terus terjadi, dapat dipastikan kekeringan akan terus berlanjut pada tahun-tahun selanjutnya yang mungkin akan lebih parah. 
Dampak yang kita dapat raskan ialah mahalnya bahan pangan sepetti beras.

Kekeringan yang melanda setiap tahun dan menjadi bencana bagi pertanian ialah ketidakpedulian pemerintah memberikan sanksi terhadap pelanggar. 
Selama kesadaran akan lingkungan tidak tumbuh dan keberpihakan pemerintah pada pertanian tidak diaktualkan, bencana kekeringan akan terus berlanjut.

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia